Permintaan Mobil Bekas di Bulan Ramadan 2020 Menurun Signifikan

Kamis, 21/05/2020 12:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Merebaknya wabah COVID-19 di dunia telah berdampak pada berbagai sektor termasuk industri otomotif, tidak terkecuali pada bursa mobil bekas..

Tidak seperti pada Bulan Ramadan di tahun sebelumnya, merujuk pada data internal situs jual beli OLX.com menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil bekas.

Pada platform OLX ini, terjadi penurunan sekitar 40%, di minggu pertama bulan Ramadan (23 April 2020) dibandingkan data pada 5 Maret 2020, beberapa hari setelah kasus  COVID-19 pertama di Indonesia diumumkan pemerintah. 

Pada periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30% pada jumlah listing mobil di platform OLX.

“Penurunan ini memang sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini,” ujar Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX Indonesia.

Menurutnya, menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya  jumlah permintaan atas mobil di platform OLX. 

“Dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, kami memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadan 2020 ini,” ungkapnya. 

Situasi ini berbeda dengan Ramadan 2019 lalu dimana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadan. 

Sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing pada Ramadan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama bulan Ramadan 2019. (anto)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda