Sentul Karting Circuit Tunggu SOP IMI Pusat Gelar Balap Standar Covid

Jum'at, 22/05/2020 23:23 WIB

mobilinanews (Palembang) - Pengelola Sentul International Karting Circuit (SIKC) Bogor telah menyiapkan skenario untuk menggelar Balap Standar Covid dari IMI Pusat.

"Pada prinsipnya, kami siap untuk menggelar event di SIKC, termasuk Balap Standar Covid. Karena saat ini pun kami telah menerapkan Protokol Kesehatan Covid untuk latihan," ujar Kemas Haikal, Direktur Utama PT Sarana Lintasan Indonesia (SLI) saat Live IG Mobilinanewsdotcom pada Jumat (22/5/2020) tadi sore.

Protokol kesehatan itu dilakukan dengan cara membatasi jumlah pembalap dan kru yang latihan di SIKC, disemprot disinfektan ketika masuk kawasan SIKC, siapkan tempat hand sanitizer di beberapa titik, pysichal distancing dan wajib masker dalam periode 2 bulan terakhir ini.

Hanya saja, lanjut Haikal, pihaknya masih menunggu SOP (Standar Operation Procedur) dari IMI Pusat. "Ya, kami menunggu SOP dari IMI," lanjut Kemas Haikal.

Saat Live IG Mobilinanewsdotcom tadi sore, Kemas Haikal berada di Palembang, Sumatera Selatan dengan status stay at home karena pandemi covid19.

SIKC dinilai menjadi salah satu sirkuit paling layak dan siap menggelar event Balap Standar Covid dari IMI Pusat dan FIA tersebut.

Selain secara geografis SIKC juga sangat "tertutup", telah berstandar CIK (komisi gokart dunia), menyusul pekerjaan renovasi besar-besaran yang dilakukan PT SLI.

Bahkan pada 5 event gokart yang telah digelar awal tahun 2020 - sebelum pemerintah mengumumkan pandemi covid19, seluruhnya disiarkan secara live streaming lengkap dengan race commentator profesional sekelas Ricky Sitompul dan Dudih Anune.

Seperti diketahui, siaran live streaming atau live TV menjadi salah satu poin syarat yang harus dilakukan penyelenggara, event organizer hingga promotor nasional oleh IMI Pusat karena event balap tersebut bakal tanpa penonton.

Hal itu tak hanya untuk event gokart, juga kejurnas balap motor Oneprix Championship yang bahkan melakukan Live TV di TVOne untuk 2 seri di SIKC tahun lalu. 

Untuk tahun ini pun, menurut Kemas Haikal, rencananya 2 seri kejurnas balap motor Oneprix digelar di SIKC.

"Pada intinya, kami terus melakukan komunikasi dengan IMI Pusat selaku regulator dan kepada EO, penyelenggara serta Pronas, merespon Balap Standar Covid," ungkap Kemas Haikal

Toh, dia juga mengaku tidak mau memaksakan diri.

"Kalau situasinya seperti sekarang, dengan trend wabah covid yang terus naik grafiknya, juga tidak realistis. Namun kami berharap dan berdoa, situasinya segera membaik, menurun/melandai grafiknya pada Juni, sehingga insyaallah Juli sudah bisa ada event di SIKC," terang Kemas Haikal. (bs)

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia