Selama Ramadhan 2020, Permintaan Mobil Bekas Low MPV Turun 50 Persen

Minggu, 24/05/2020 02:22 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Merebaknya wabah COVID-19 di dunia telah berdampak pada berbagai sektor termasuk industri otomotif, tidak terkecuali pada bursa mobil bekas. 

Tidak seperti pada Bulan Ramadan di tahun sebelumnya, merujuk pada data internal situs jual beli OLX.com menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil bekas.

Meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan pada tipe-tipe mobil, namun tipe mobil MPV dari brand mobil Jepang masih menjadi mobil yang paling dicari oleh pengguna OLX. 

“Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia,” ujar Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX Indonesia (21/5/2020).

Menurutnya, preferensi dua tipe dari merek mobil paling diminati ini konsisten sebelum dan semasa pandemi COVID-19 ini. 

Dengan jumlah keluarga yang cenderung besar dan terbiasa hidup secara komunal (memiliki komunitas), masyarakat  Indonesia lebih menyukai mobil yang memiliki kapasitas besar dan multiguna.

Data internal OLX juga menunjukkan, bahwa meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan akan mobil, namun tren harga tidak berubah signifikan. 

Harga rata-rata pada listing yang ada di OLX pada minggu pertama Ramadan (23 April 2020) berada pada angka IDR193 juta, hanya menurun sekitar 5% dari harga rata-rata listing pada 5 Maret 2020. 

Sementara itu, pada periode yang sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5% dan berada di kisaran harga IDR146 juta. Tipe MPV masih tetap mendominasi, baik pada listing maupun permintaan akan mobil bekas. 

Menariknya, meski secara umum permintaan atas mobil terus mengalami penurunan setelah pengumuman kasus COVID-19 pertama di Indonesia.

Mobil jenis low MPV seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia mengalami penurunan permintaan sekitar 50 - 60 persen. 

Hingga minggu pertama bulan Ramadan 2020, permintaan atas mobil mewah, seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30%. 

“Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” tutupnya (anto).

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag