F1 2020 : Daimler Bantah Soal Wolff dan Aston Martin

Sabtu, 30/05/2020 01:30 WIB

mobilinanews (Jerman) - Akhirnya Daimler AG mengeluarkan pernyataan resmi seputar isu pengunduran diri Toto Wolff selaku Team Principal dan penghentian operasional Mercedes di F1.

Sekadar membantah?

Rilis yang disebar Daimler AG tidak menyebut pejabat tertentu sebagai nara sumber. Sifatnya pun sekadar pemberitahuan tanpa detil lebih lanjut.

"Berita seputar akhir Mercedes di F1 tidak berdasar dan tidak bertanggung-jawab," tulis pernyataan tim PR Daimler yang disebar ke media.

"Niat kami adalah terus berkecimpung di olahraga F1 bersama mitra pelaksana kami, Toto Wolff," lanjutnya.

Begitu saja bantahan Daimler yang merupakan induk usaha Mercedes. Sama sekali tak dijelaskan jika memang mempertahankan Mercedes apakah peran Wolff tetap sebagai Team Principal atau menjadi pengawas seperti isu yang beredar.

Bantahan itu sekaligus konfirmasi Daimler bahwa Mercedes tak akan dijual ke pihak manapun seperti isu yang beredar bahwa kolaborasi Wolff dan Lawrence Stroll akan membeli tim F1 Mercedes.

Bisa jadi ini sekadar bantahan. Namun besar kemungkinan benar Mercedes akan bertahan di F1. Hanya saja posisi Wolff yang belum pasti.

Pasalnya, pemotongan anggaran yang selama ini menjadi pertentangan direksi Daimler AG dengan Wolff kini tak lagi menjadi masalah karena FIA sudah menurunkan budget cap (limit anggaran) tim F1 bertahap dari 2021 hingga 2023.

Untuk musim 2021, misalnya, anggaran tim F1 sudah diturunkan dari 175 juta USD menjadi 145 juta USD. Selanjutnya turun lagi menjadi 140 dan 135 juta USD.  (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag