Lola Moenek : Mohon IMI Pertimbangkan Lagi Batasan Pembalap 45 Tahun

Senin, 01/06/2020 21:15 WIB

mobilinanews (Sentul) - Terkait draft Protokol Balap Standar Covid-19 yang membatasi usia pembalap maksimal 45 tahun, mendapat penolakan dari berbagai pihak (pembalap dan penyelenggara).

Seperti ditulis sebelumnya, beberapa pereli dan pembalap telah mengajukan keberatan. Yakni dari pereli Erwin Mancha, Wijaya Kusuma Subrata hingga pembalap juara nasional Alvin Bahar.

"Menurut kami, soal pembatasan usia itu mohon bisa dipertimbangkan lagi. Soalnya, seperti balap mobil ISSOM di sirkuit Sentul International itu kebanyakan pehobies yang usianya justru di atas 45 tahun," ungkap Lola Moenek, General Manager PT. Sarana Sirkuitindo Utama (SSU), pengelola sirkuit Sentul kepada mobilinanews.

Lebih lanjut Lola Moenek menyebutkan, persentase antara hobies dan yang beriorentasi prestasi utama adalah 80-20. 

"80 persen itu yang hobies loh. Kalau dibatasi maksimal usia 45 tahun, yang ikutan balap ya hanya beberapa pembalap saja. Padahal yang potensial ikutan pada balap standar covid itu justru dari para hobies tersebut karena secara finansial memang memadai," lanjut Lola Moenek

Jika batasan itu diterapkan, nama-nama pembalap senior seperti Paul Montolalu, Rudi Laksmana, Tomi Hadi, Ferry Hongkiriwang, Jimmy Lukita, Gerry Nasution, Nanang HB, Ahmed Zaki Iskandar, Bambang Hutomo hingga Wing Baroto tidak bisa ikutan balap ISSOM.

Bahkan pembalap sekelas Alvin Bahar, andalan tim Honda Racing Indonesia pun tidak bisa ikutan. Seperti yang tercatat dalam Wikipedia, Teuku Alvin Bahar lahir di Jakarta, 2 Oktober 1974.      

Namun Lola Moenek yakin IMI Pusat pasti akan mempertimbangkan untuk merevisi soal batasan usia tersebut, karena aturan itu mungkin hanya cocok diterapkan pada ajang balap motor, seperti Oneprix dan Indonesia Motorsport Series.

Barangkali, batasan soal usia tersebut bisa diganti dengan surat keterangan sehat dari dokter.

Soalnya, pereli sekelas Erwin "Abah" Mancha meski sudah berkepala 6, justru badannya akan merasa sakit-sakit dan ngilu jika tidak ngegas Corolla DX andalannya di lintasan sprint rally dan speed rally. (bs)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok