Sambut New Normal, Ini Tips Pengendara Atasi Microsleep

Selasa, 02/06/2020 20:27 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Apa itu microsleep? Perlu diketahui, microsleep adalah keadaan hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang yang menyebabkan tertidur secara tiba-tiba dalam waktu yang singkat. Biasanya sekitar satu hingga 30 detik.

Tentunya hal ini sangat berbahaya jika terjadi saat kita mulai berkendara kembali setelah berada #DiRumahAja selama 3 bulan.

Sementara menurut prediksi, kemacetan akan menjadi lebih parah saat diberlakukannya new normal. Karena diperkirakan banyak orang akan menggunakan kendaraan pribadi untuk menghindari kerumunan.

“Kemacetan di jalan pasti akan lebih parah daripada sebelum pandemi virus korona (covid-19),” ujar Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan, Masyarakat Transportasi Indonesia pada Selasa (02/06/2020) hari ini.

Jalanan macet pastinya menimbulkan rasa bosan dan monoton, yang pada umumnya menjadi penyebab microsleep.

Demi menghindari microsleep saat diberlakukannya new normal, Astra World memberikan tips serta langkah-langkah antisipasi.

Yuk disimak ya guys.

Sebelum mengemudi, ada baiknya beristirahat yang cukup. Dengan tidur sesuai anjuran ahli kesehatan
pada umumnya yaitu 6-8 jam, akan membuat tubuh nggak gampang lelah dan mudah mengantuk. Sehingga bisa fokus berkendara di jalan raya.

Jika rasa kantuk sudah tidak bisa dibendung, menepilah sejenak untuk beristirahat. Sering disepelekan tapi ini penting loh!

Setelah menepikan mobil, keluar dari mobil dan lakukan peregangan singkat. Ini dilakukan agar otot-otot
yang tegang dan badan yang kelelahan bisa kembali bugar secara perlahan.

Kemudian, atur posisi kursi agar mencapai posisi nyaman. Sebaiknya, posisikan duduk tegak dengan sudut 90 derajat karena terbukti bisa menghilangkan rasa kantuk loh.

Tidak kalah penting, sediakan makanan dan minuman yang tidak mengandung kadar gula tinggi di mobil. Seperti buah-buahan, kacang-kacangan, air mineral, jus, bahkan susu. 

Kadar gula yang tinggi dapat memicu rasa kantuk sementara air putih dapat mencegah dehidrasi yang bisa menimbulkan kantuk. 

Kopi tanpa gula atau dengan sedikit gula juga disarankan untuk dibawa, loh. Karena bisa meningkatkan stamina dan fungsi otak.

Jangan lupa siapkan wadah yang tidak mudah tumpah dan mudah untuk dijangkau, ya!

Itu dia langkah-langkah untuk menghadapi microsleep saat berkendara. 

Yuk, sambut era new normal dengan mempersiapkan kesehatan kendaraan dan diri sendiri tentunya! (hilary)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag