MotoGP 2020: Jepang Undur Diri, Jadwal Kompetisi Makin Hancur

Rabu, 03/06/2020 20:21 WIB

mobilinanews (Jepang) - Setelah Inggris dan Australia, satu lagi ajang balap ikonik MotoGP dipastikan batal dimainkan musim 2020. GP Jepang di Sirkuit Motegi milik Honda baru saja undur diri sebagai tuan rumah.

Kalau pembatalan seri Inggris dan Australia lebih karena faktor finansial dan operasional, pembatalan GP Jepang sepenuhnya karena dampak pandemi Covid-19. Terutama karena larangan traveling dari berbagai negara yang belum jelas kapan berakhir. Hal itu jelas akan menghambat kehadiran penonton dari luar Jepang.

"Mobilityland sebenaqrnya telah mempersiapkan GP Jepang musim ini. Namun pembatasan travel yang tidak berkepastian membuat kami tak punya pilihan selain membatalkan," kata Presiden Mobilityland Corporation Kaoru Tanaka selaku promotor lokal GP Jepang.

Ini akan menjadi kali pertama Jepang tak menghelat MotoGP sejak 1986. Sangat disayangkan lantaran event ini selalu digelar besar-besaran karena seri tuan rumah buat pabrikan Jepang macam Honda, Yamaha dan Suzuki.

Itu sekaligus pukulan buat Dorna Sports selaku pemilik event MotoGP. Belum satu seri pun digerlar untuk musim 2020 dan sejauh ini sama sekali belum ada kepastian kapan dan dimana seri pembuka MotoGP dihelat. padahal, ajang F1 sudah hampir pasti menggelar 8 serial pembuka di enam negara Eropa mulai Juli mendatang.

"Motegi sirkuit yang sangat unik. Pembatalan ini sangat menyedihkan," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta yang sejak dua bulan lalu sudah mulai berpikir kemungkinan terburuk untuk tidak melangsungkan kompetisi 2020 dan langsung fokus ke musim 2021.

Dari revisi kalender 2020 yang sebelumnya dirilis Dorna, kini tinggal GP Rep.Ceko, Austria, San Marino, Aragon, Thailand (revisi jadwal), GP Malaysia, GP AS (revisi), Argentina (revisi), dan Valencia yang masih on the schedule buat musim 2020. Artinya sudah separoh kalender yang batal dihelat. Jika merunut pada ketentuan FIM yang minimal 13 putaran untuk syarat kejuaraan dunia, maka yang tersisa di depan tak lagi ideal. Lain soal jika FIM beri kekecualian regulasi dengan alasan darurat. (rnp)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda