Hadapi New Normal, Asosiasi Ojol Siapkan Partisi Penyekat Dengan Penumpang

Rabu, 03/06/2020 23:07 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Menghadapi masa pemberlakuan New Normal, Asosiasi Ojek Online Garda Indonesia telah merancang inovasi berupa sekat plastik untuk pengemudi dengan penumpang.

Tujuannya, untuk mencegah kontak dan mengurangi potensi penularan virus corona dengan penumpang.  

Sekat dari bahan plastik itu digendong pengemudi ojol seperti tas punggung, sebagai pembatas bersinggungan dengan penumpang. 

Atau alat ini berperan seperti partisi agar pengemudi dan penumpang tak bersentuhan langsung.

Menurut Igun Wicaksono sebagai Ketua Presidium Garda Indonesia, inovasi ini kelanjutan dari protokol kesehatan buat pengemudi ojol.

Sebelumnya, menganjurkan penumpang membawa helm sendiri dan pengemudi wajib menjaga kebersihan diri.

"Garda sudah siapkan tools agar antara pengemudi dan penumpang disekat atau dipartisi. Tujuannya agar kedua pihak tidak terkena droplet secara langsung," terang Igun Wicaksono.

Igun mengatakan sekat itu dapat memberi rasa aman kepada penumpang, maupun pengemudi.

Harapan Igun Wicaksono, seluruh ojol di Indonesia dapat menggunakan sekat plastik tersebut saat kembali beroperasi pada masa new normal nanti.

Seperti diketahui, ojol tak bisa beroperasi di wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebab fitur angkut penumpang dimatikan sementara oleh operator.

Ojol fungsinya dikhususnya hanya untuk mengantar barang atau makanan ke konsumen.

Namun ada harapan fitur itu kembali diaktifkan ketika PSBB tak lagi diberlakukan dan memasuki masa new normal.

"Jadi kami sendiri  yang berinisiatif  menyiapkan protokol menyambut New Normal ini, sebagai masukan kepada pemangku kebijakan, baik Kemenhub atau Kemendagri," kata Igun. (wan)

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata