Mengenang Sidarto SA : Identik Dengan Datsun, Dipakai Balap Hingga Bengkel

Sabtu, 06/06/2020 19:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Nama Sidarto Sosro Atmojo (SA), siapa nggak kenal? Di kalangan balap dan pehobi otomotif era-70 dan 80-an, sudah dikenal sebagai pembalap.

Tak hanya di balap mobil, tetapi juga balap motor yang saat itu masih memakai sirkuit non-permanen (baca : jalan raya) seperti di Pangkalan Jati, Cililitan, Monas, Senayan hingga Ancol.

Namun Sidarto SA yang akrab dipanggil Utun ini dianggap ikut membawa kejayaan brand Datsun di ajang balap.

Brand dari Jepang itu dikenal tangguh dan memiliki performa tinggi, baik untuk harian maupun balap atau rally.

Pria yang lahir pada 5 Agustus 1953 ini, sejak umur 14 tahun terjun di ajang  otomotif. Awalnya, sering mengikuti ajang balap motor di Jakarta.

Baru pada 1973, Utun mulai berkenalan dengan balap mobil dan memakai Datsun.

“Saya memakai Datsun mengikuti event balap mobil di Simpang Lima Semarang Jawa Tengah dan langsung menjadi juara dua,” kenang Utun suatu ketika.

Ayahanda pembalap wanita Rally Marina ini begitu mengagumi Datsun. Di matanya, Datsun mobil bandel, memiliki tenaga besar dan andal.

“Datsun itu tenaganya besar. Selain itu juga kuat dan tidak gampang jebol,” terangnya.

Pada 1976, Utun membeli Datsun 160 SSS atau populer disebut ‘Triple-S’ yang di zamannya performanya paling top.

Dengan mesin 1.600cc dan karburator ganda, Triple-S mampu menyemburkan tenaga 115 dk pada kondisi standar. “Itu paling besar di zamannya,” tambah Utun bersemangat.

Dengan Datsun itulah, banyak prestasi yang ditorehkan Utun di ajang balap. Seolah latah, pembalap lain pun ramai-ramai memakai Datsun.

Hingga akhirnya pada 1994, karir balap Utun harus terhenti, karena mengalami kecelakaan hebat dengan Datsun Fairlady bertenaga 600 dk pada balapan di sirkuit Sentul International Bogor.

Kecelakaan itu mengakibatkan Utun patah tulang dan mobil Datsun-nya remuk tak berbentuk.

Kecintaan dengan Datsun ternyata tidak hanya sebatas di arena balap. Ayah 3 putri yang akhirnya semua ikutan balap mobil itu, lalu membuka bengkel yang diberi nama DART Racing.

Dan lagi-lagi, bengkel ini seperti spesialis Datsun. Para penggemar banyak yang melakukan restorasi Datsun kesayangannya di bengkel Jalan Basuki Rahmat No.14G, Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Tujuan membuka bengkel ya untuk menyalurkan hobi saya mengutak-atik mesin, dan juga dari pada hanya di rumah saja. Dengan ngutak-atik mobil, stress jadi hilang deh hehe,” ungkap Utun. (otoblitz, wan)

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia