Kisah Awal Erwin Mancha Main Motocross, Sebelum Hijrah Ke Rally

Senin, 08/06/2020 23:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sebelum menapaki karirnya di ajang reli mobil, Erwin Mancha lebih dulu mengenal balap motocross saat masa muda.

Dalam kilas baliknya, ia menceritakan mengapa dirinya tertarik dengan motocross saat remaja.

Ternyata, selain memiliki teman yang satu visi, ia melihat ada lahan kosong untuk proyek jalan tol Jagorawi pada saat itu.

"Karena dulu kita di Bogor, dan kebetulan pas baru ngebangun jalan Tol Jagorawi, proyek jalan itu membelah jalan masih tanah gitu kan. Dan di situ jadi tempat latihan motocross," buka Erwin Mancha atau yang akrab disapa Abah.

Saat itu, Abah belum menggeber motocross sungguhan, melainkan motor modifikasi yang dibuat bergaya cross.

"Tahun 1975, itu masih pakai motor bebek yang sudah dimodifikasi motor trail, ganti ban dan shock segala macam supaya bisa main cross waktu itu," tambah Abah.

Kendati begitu, performa Abah tidak kalah dengan lawannya yang menggunakan motocross.

Ia berhasil membawa pulang beberapa piala bergengsi dengan mengandalkan motorcross modifikasinya tersebut.

"Yang pakai motocross beneran mulai tahun 1977. Pas tahun 1975 itu masih pakai motor yang disulap jadi motocross. Tapi meski pakai motor itu, prestasi dari motocross banyak, malah Abah bisa ngumpulin piala sampai 500an piala," imbuh Abah.

Setelah beberapa tahun menggeluti balap motocross, Abah pun dipinang Tim Kawasaki untuk menjadi crossernya. (hf)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap