Kangen Oke D Junjunan Memimpin Pengprov IMI Jawa Barat 2 Periode (Bagian 1)

Sabtu, 13/06/2020 23:45 WIB

mobilinanews (Bandung)Oke Darajat Junjunan, rasanya tak asing lagi nama itu di kalangan anak muda penggemar otomotif di Bandung dan Jawa Barat pada medio 2000-an.

Apalagi saat pembalap serba bisa ini akhirnya mendapat amanat dipercaya menjadi Ketua Umum Pengprov IMI Jawa Barat, 2004-2008 untuk periode pertama, dilanjutkan 2008-2012 untuk periode kedua.

Dan, ternyata dalam sejarah Pengprov IMI Jabar, baru OJ - demikian panggilan akrabnya – yang menjabat Ketua Umum selama 2 periode. Mungkin jika regulasi membolehkan menjabat 3 periode, sepertinya OJ bakal terpilih lagi.

Akrab dengan berbagai penghargaan sebagai tokoh otomotif berprestasi

Itu saja sudah menjadi indikasi awal sosok OJ yang tetap aktif sebagai crosser, pegokart, bahkan balap mobil di sirkuit Sentul International Bogor sebagai pemimpin yang berhasil dan banyak disukai komunitas otomotif. 

Pada era OJ, aktivitas olahraga mobil maupun motor berlangsung semarak. Bahkan di tangan pengusaha muda dengan bendera OJ Motorsport ini sukses menggelar Jambore Otomotif Jabar setiap tahunnya yang melibatkan ribuan peserta dari berbagai klub/komunitas baik roda dua maupun roda empat se-Jawa Barat.

Ini pekerjaan sangat tidak mudah. Dibutuhkan persiapan dan koordinasi yang ekstra, dana tidak kecil dan kekompakan semua pihak. Jambore di zaman OJ ini sebuah prestasi tersendiri betapa menyatukan komunitas otomotif bisa dilakukan dengan tekad serta semangat yang kuat.

Sukses menggelar Jambore Otomotif Jabar ini termasuk pekerjaan rumit dan complicated, yang bahkan oleh PP IMI sekali pun sebagai induk organisasi bermotor di Indonesia jarang melaksanakan secara rutin.

Dari setiap tahun penyelenggaraan Jambore Otomotif tersebut, 2 kali digelar di Pangandaran, Sukabumi serta sekali dihelat di kota Bandung berlangsung sensasional dan meriah.

Mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di acara otomotif

OJ memiliki passion kuat di otomotif dan menjadikannya hobi utama.

Juga dikenal pintar menjalin lobi ke atas dan mengasuh komunitas di level paling bawah sekali pun. Hari ini acara balap motor di Tasikmalaya, esoknya sudah berada di kegiatan komunitas di Indramayu. 

Jangan cari OJ di rumahnya di tengah kota Bandung pada akhir pekan, karena bakal tidak ketemu. Kalau tidak ke event balap, kumpul komunitas atau berada di sirkuit Sentul gokart.

Oya, saat menjabat Ketua Umum Pengprov IMI Jabar, OJ juga promotor nasional gokart dan agen Rotax Max.

Setiap akhir tahun, memiliki jadwal khusus membawa para juara nasional gokart mengikuti World Final Rotax Max yang umumnya dilangsungkan Eropa. Pernah juga di Mesir, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab hingga sirkuit Langkawi, Malaysia. Tak lupa juga mengajak serta jurnalis.

 Rutin memberi apresiasi kepada atlet otomotif terbaik Jabar

“Saya senang bertemu banyak orang, terutama teman dan sahabat otomotif di mana pun berada. Bagi saya, teman dan komunitas adalah asset yang perlu dibina, untuk hubungan lebih panjang,” ujar OJ suatu ketika.

Tak sekadar membuat kegembiraan dan suka cita di otomotif, di bawah kemudinya, IMI Jabar beberapa kali mencetak prestasi membanggakan, sehingga disegani Pengprov IMI lainnya di Indonesia.  

Pada 2007 di setahun akhir periode pertamanya, Pengprov IMI Jawa Barat terpilih sebagai IMI Terbaik se-Indonesia.

Sekurang-kurangnya, predikat sebagai Pengprov IMI Terbaik kedua dan ketiga selalu menempel saat OJ mengomandani IMI Jabar selama sewindu (8 tahun).

Berkat tangan dinginnya pula, Jabar juga selalu meraih medali emas balap motor PON di Musi Banyuasin, Sumsel (2004), Samarinda, Kalimantan Timur (2008) serta Riau (2012).

Hadir di Munas IMI Solo bersama Juliari Batubara kini Mensos

Catatan istimewa, karena di Riau, dua medali emas (dari total 3 emas yang diperebutkan) berhasil dibawa pulang rider ke Jawa Barat di tahun terakhir periode ke-2 OJ memimpin Pengprov IMI Jabar.  

“Saya rasa, tidak ada anak muda seperti Oke Junjunan yang memiliki prestasi layak dibanggakan sebagai Ketua Pengprov IMI Jabar maupun sebagai promotor nasional gokart. Sudah mirip ama saya, seluruh hidupnya untuk otomotif,” ujar H. Tinton Soeprapto, bos sirkuit Sentul yang dikenal memiliki hubungan dekat dengan OJ.

Figur ramah, dekat semua kalangan, dan mudah diajak ngobrol di mana dan kapan saja, membuat banyak yang kangen ayah 2 putri yang kini tetap aktif di jalur otomotif sebagai dewan penasehat Pengprov IMI Jawa Barat, Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dan Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Jawa Barat. 

Sadar bahwa tongkat estafet kepemimpinan di Pengprov IMI Jabar harus berlanjut dengan baik, OJ pun menyiapkan kader salah satunya Rio Teguh Pribadi (RTP) yang saat itu sosoknya agak pemalu. 

Dan, berkat supportnya, akhirnya RTP berhasil menjadi suksesor OJ sebagai Ketum Pengprov IMI Jabar periode 2012-2016. (wan) 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh