Wow, Gubernur Aceh Nova Iriansyah Sering Blusukan Naik Moge

Minggu, 14/06/2020 23:24 WIB

mobilinanews (Banda Aceh) - Berbagai cara dilakukan Kepala Daerah untuk meningkatkan kunjungan kerja dan wisata ke wilayahnya. Masing-masing punya sarana promosi yang berbeda. 

Seperti yang dilakukan Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT. Melalui wisata bermotor, potensi objek wisata pun dieksplor.

Pria kelahiran Banda Aceh, 22 November 1963 ini sekarang menjadi Plt Gubernur Aceh.

Suami dari Dr Ir Dyah Erti Idawati, MT ini sebenarnya adalah seorang pengusaha. Usai menamatkan S1 di Institut 10 November Surabaya pada 1988, Ketua Partai Demokrat di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini melanjutkan program Magister di Institut Teknologi Bandung dan selesai tahun 1998.

Nova Iriansyah adalah putra Gayo. Ia berasal dari Linung Bulen I, sebuah kampung di Kecamatan Bintang, Aceh Tengah.

Ayahnya, H.M. Nurdin Sufie adalah politisi kawakan yang menjadi Bupati Aceh Tengah pada 1970 hingga 1974. Meski tak lahir dan besar di Gayo, tapi Nova mengecap pendidikan sekolah dasar di SD Negeri Takengon.

Karirnya sebagai pengusaha dimulai selepas meninggalkan dunia pendidikan. Pada tahun 2006, ia menjabat sebagai Komisaris PT Mega Desain Konsultan dan PT Archie Forum Konsultan.

Tapi namanya mencuat ke publik karena kiprahnya di dunia politik.

Nova menjadi Anggota DPR RI dari daerah pemilihan NAD-1 pada Pemilu 2009. Kini, Nova Iriansyah konsen membangun Aceh sejak menjadi Plt Gubernur NAD.

Inilah putra daerah yang siap membawa Aceh kembali ke masa kejayaannya.

Nah, di balik itu semua, ternyata Nova adalah bikers mania.

"Beliau sudah suka sepeda motor dari SMA. Motor yang menemaninya sejak sekolah sampai kuliah di ITS Surabaya diantaranya Suzuki TRS 118cc dan Suzuki GP 125," ungkap Zulfadhli Idris, Humas Pengda IMBI Aceh.

Moge pertama yang dimiliki Nova saat jadi Anggota DPR RI yakni Kawasaki Z1000. Lanjut Kawasaki ZX10 yang pernah dibawa latihan di Sentul.

Dan motor ini pun diboyong ke Aceh. Moge ketiga masih Kawasaki, seri Z800. "Kalau yang ini dipakai Pamtup untuk mengawal beliau kalau touring kerja naik moge," tutur Zul.

Kadung hobi, Nova melirik BMW R1200 GS K51 Adventure lansiran 2017. Belakangan dijual dan diganti tipe terbaru BMW R1250 GS K51+ Adventure produksi 2020.

Moge inilah yang sering dipakai blusukan ke pelosok daerah agar bisa menjangkau wilayah terisolir.

"Beliau Gubernur yang lebih senang kunjungan kerja ke daerah naik moge. Sementara mobil dinas Alpard dinaiki Ajudan dan Aspri. Meski panas-panasan, bahkan kehujanan, tetap riding," bangga Iskandar Hadipriatna, Ketua Pengda IMBI Aceh yang menjadi sahabatnya.

Yaps! Maka sejalanlah sebagai ajang promosi pariwisata "Aceh Aman, Indah dan Bagus Jalannya serta Full Cullinair Halal" yang menjadi ikon. Lalu muncul slogan "Aceh Indah, No Good Road No Problem" karena semua wilayah bisa dijelajahi. Two Wheel is King!

Pantas beliau disebut juga Gubernur Bikers Indonesia.

"Sasaran dan tujuan bisa lebih dicapai lebih cepat dan fleksibel jika naik moge dibanding mobil. Bahkan bisa masuk ke tempat terpencil yang semi offroad sekalipun," sebut Bang Nando, sapaan akrab Iskandar Hadipriatna.

Bang Nando memang sering diajak mendampingi touring kerja Pemerintah Aceh karena lebih memahami seluk beluk moge dan piawai sebagai Road Captain.

Salut! (bangve)

 

TERKINI
Paguyuban Motor 4,5 Persen SiPalingPaham Turut Meriahkan The Distinguished Gentleman Ride 2024 di Jakarta: Kita Semua Sama Grup Motor Super Ugal Sunmori dan Kunjungi Warung Solo di Kemang: Parkirannya Luas Banget Bamsoet Hadiri HUT ke-6 Motor Besar Indonesia dan Resmikan Basko Auto Gallery di Jakarta Komunitas Toyota Hardtop Padang Gelar Aksi Sosial di Sungai Pinang, Pesisir Selatan, Membangun Sebuah Mushalla