Almarhum AM Suseto di Mata Indradjit Sarjono

Senin, 15/06/2020 14:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Indradjit Sarjono, tokoh otomotif dan mantan navigator nasional sempat termangu ketika mendengar kabar berpulangnya Ir. H. AM Suseto tadi pagi di RS Omni Pulomas, Jakarta Timur.

Pasalnya, baru 6 hari lalu keduanya masih saling komunikasi by telepon. "Masih teleponan hari Selasa minggu lalu. Ya biasa, ngobrol-ngobrol terkait balapan dan lebih khusus tentang Appeal Motorsport," ujar Indradjit Sarjono kepada mobilinanews.

Sempat dibahas soal eksistensi klub Appeal Motorsport yang memang didirikan oleh almarhum. 

"Pembahasannya, masak kalah dengan Speed Driver sih yang masih eksis di usia 45 tahun. Appeal Motorsport kan lebih dulu lahirnya daripada Speed Driver," terang Indradjit Sarjono.

Indradjit Sarjono yang juga anggota klub Appeal Motorsport pun menceritakan awal berdirinya klub tersebut pada 1974.

"Berdirinya klub Appeal Motorsport pada 10 November 1974 ditandai dengan pelaksanaan event balapan di sirkuit Ancol. Dan, klub tersebut tidak hanya menaungi balap mobil dan rally, tapi juga balap motor, motocross hingga gokart," tutur Indradjit Sarjono.

Waktu pertama balap mobil pada 10 November 1974 itu, terang Indradjit Sardjono, almarhum mendapat sponsor ban dari Dick Gelael, opa-nya Sean Gelael dan papanya Ricardo Gelael.  

"Mau tau singkatan Appeal Motorsport? Anak Purnawirawan Perwira Angkatan Laut, disingkat Appeal. Agak dipaksain biar namanya keren, karena saat itu orang tua kami masih aktif di Angkatan Laut, belum pensiun hehe," lanjut Indradjit Sarjono yang berdekatan dengan rumah almarhum di komplek Angkatan Laut jalan Pramuka, Jakarta.

Bahkan sebenarnya, mereka masih saudaraan. Karena AM Susmono, adik almarhum menikah dengan kakak Indradjit Sarjono. 

Kesan terhadap almarhum, adalah pembalap taktikal. "Beliau kan alumni ITB, pintar pasti. Selain turun sebagai pembalap dan perally, almarhum  juga mengatur manajemen tim, strategi termasuk mencari sponsor," tambah Indradjit Sarjono.

Di ajang rally, nama almarhum cukup disegani. Tahun 1975 ikut Agip Rally, tahun berikutnya, 1976 mengikuti Dharma Putra Rally yang legendaris itu. 

Bahkan pada 1977, selain kembali mengikuti Dharma Putra Rally berpasangan dengan sang adik, AM Susmono bertindak sebagai navigator, juga berkiprah pada Endurance (balap ketahanan) 6 jam di sirkuit Ancol, Jakarta Utara. 

Secara prestasi juga cukup membanggakan. Di Dharma Putra Rally bisa top three, sedangkan di Endurance Ancol 6 Jam berhasil menjadi Sang Juara. (bs) 

 

 

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia