Mobil Bekas Ini Yang Bakal Laku Saat New Normal

Senin, 22/06/2020 10:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Selama pandemi COVID-19, penjualan mobil merosot di pasaran. Tak terkecuali, mobil bekas.

Hal ini dipengaruhi pola pikir masyarakat akan pandemi, di mana prioritas adalah memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga sehari-hari, dibanding kebutuhan sekunder dan tersier.

“Orang lebih merencanakan membeli lebih banyak kebutuhan mendasar seperti sembako, peralatan kesehatan dan sanitasi. Sehingga berimbas penurunan signifikan permintaan mobil bekas,” ujar Johnny Widodo, BeliMobilGue.co.id.

Johnny menambahkan, penjualan mobil dealer turun hingga 62 persen. Yang biasanya kira-kira terjual 3,7 menjadi 1,4 mobil per minggunya.

Namun, ada angin segar bagi pasar mobil bekas. Diprediksi, memasuki new normal penjualannya sudah berangsur normal. Sekitar satu sampai dua bulan ke depan.

“Kalau bulan Juni ini sepertinya belum bisa kembali seperti semula, kemungkinan Juli sampai September itu baru bisa kembali normal,” jelas Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua.

Herjanto mengatakan, walaupun begitu, untuk bulan Juni penjualan mobil bekas masih belum ada perubahan. Dikarenakan perkantoran dan bursa mobil bekas yang masih ditutup.

Lalu kira-kira jenis mobil bekas apa yang bakal menguasai pasar?

“Prediksi saya yang akan menjadi dominan atau yang paling banyak peminatnya itu tipe MPV, seperti Calya, Sigra, Mobilio, Avanza, Xpander dan juga Ertiga. Itu yang akan mendominasi nantinya,” kata Herjanto.

Segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) sekelas Sigra dan Calya diperkirakan bakal laku keras karena bisa memuat banyak penumpang dan tentu, harganya yang sangat terjangkau. Dengan kisaran harga 80 juta sampai dengan 100 jutaan. 

Bahkan, Xenia dan Avanza juga diperkirakan akan banyak dilirik saat new normal. Kisaran harga 160 jutaan, untuk Xenia keluaran 2019.

Lalu bagaimana dengan penjualan mobil bekas segmen Sport Utility Vehicle (SUV)?

“Kalau untuk yang tipe SUV ini tetap akan banyak dicari orang, terutama seperti Terios, Rush hingga Fortuner yang relatif murah itu keluaran tahun 1990an atau yang lebih murah tahun 2005an,” terang Herjanto.

Hmm jadi penasaran merk mobil bekas apa yang paling laku! (lila)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag