Sentul Harus Gelar MotoGP Biar Punya Rossi Indonesia

Rabu, 23/09/2015 12:49 WIB

Mobilinanews (Jakarta) – Acara penganugerahan award kepada insan balap Indonesia berprestasi internasional berlalu dengan sukses tadi malam, Selasa (22/9). Indonesia Racing Award (IRA) 2015 memberikan penghargaan kepada 19 pebalap Indonesia dari 5 kategori balapan.

Hadir di acara tersebut, Tinton Soeprapto, legenda motorsport di Indonesia yang juga turut memberikan sambutannya.

Dalam sambutan tersebut Tinton menyampaikan keinginan kuatnya agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggara MotoGP. Tinton sebagai Direktur Utama PT Sarana Sirkuitindo Utama (pengelola sirkuit internasional Sentul) meminta doa seluruh pihak, pemerintah, swasta dan masyarakat Indonesia agar mimpi tersebut bisa segera terwujud.

Saat ini diakuinya, Sirkuit Sentul masih berada di grade C dan perlu banyak perbaikan  agar bisa masuk secepatnya ke Grade B atau A. "Niat kita menggelar MotoGP sudah cukup kuat. Sentul siap berbenah dan kita minta doa semua pihak. Bulan-bulan ini sudah bisa dapat pengakuan dari pemerintah Indonesia untuk bisa menyelenggarakan MotoGP,” kata Tinton.

Perbaikan Sirkuit Sentul agar bisa naik level ke grade B atau A merupakan solusi paling realistis daripada rencana membangun sirkuit baru. “Daripada bangun yang baru, mending satu ini dirawat. Keroyokan, jadi tahun depan sudah bisa mrnggrelar MotoGP,” tegasnya.

Harapan Tinton agar 2017 nanti mimpi Indonesia menjadi penyelenggara MotoGP terwujud dan pebalap   Indonesia bisa mendapatkan tiket wildcard untuk balapan. "Mungkin tahun awal pebalap kita bisa bersaing di kelompok tengah, siapa tahu di tahun berikutnya, 2018, pebalap Indonesia bisa mengisi grid line paling depan. Mustahil kita tidak punya satu-dua pebalap potensial dari sekian banyak penduduk Indonesia," tambah Tinton.

"Dan minimal kita sudah punya pebalap tersebut sebelum Valentino Rossi (MotoGP) dan Lewis Hamilton (F1) pensiun. MotoGP dan F1 tidak akan seru lagi kalau kedua orang tersebut sudah pensiun, betul gak Bud?" seru Tinton menutup sambutannya sambil menyebut nama Budi Santen, punggawa Mobilinanews.com.

TERKINI
MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman Umar Abdullah "Pembalap Terbaik Indonesia" di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Alasannya GIIAS 2024 Jadi Pameran Terbesar, Ada 11 Hall Untuk Show Kendaraan Hingga Aftermarket Hampir 250 Pengunjung PEVS 2024 Jajal Langsung Motor Listrik Honda