Waspada! Bikin SIM Pakai Calo, Tidak Akan Diproses Polisi

Minggu, 28/06/2020 13:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagi Anda yang akan membuat permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui calo, harap berwaspada! Pasalnya, Satlantas Polrestro Depok, tengah melakukan razia terhadap peredaran calo di wilayahnya.

Mereka yang kedapatan membuat SIM melalui calo, telah diputuskan berkasnya tidak akan diterima. Sehingga, permohonan SIM yang dibuat melalui broker tersebut akan sia-sia.

Hal ini ditempuh Satlantas Polrestro Depok untuk memberikan efek jera kepada masyarakat agar tidak melakukan pembuatan SIM melalui pihak ketiga.

“Agar masyarakat tahu kami tidak main-main melakukan pelayanan prima dan bersih dari percaloan. Jadi kami tidak akan melayani pemohon yang menggunakan jasa calo. Kami akan berantas praktik terlarang itu,” ujar Kompol Erwin Aras Genda Kasatlantas Polrestro Depok, Jawa Barat.

Menurutnya, kebijakan itu diberlakukan Satlantas Polrestro Depok sejak pembukaan pelayanan perpanjangan SIM di masa pendemi COVID-19 menuju new normal. Bahkan, pelayanan yang diberikan pun tetap menggunakan protokol kesehatan.

Selain tidak memproses berkas pembuatan SIM melalui calo, jajaran Satlantas Polrestro Depok juga membuat tim memburu para calo yang berkeliaran di Satpas 1221 Pasar Segar, Depok.

“Kami tangkap dan diproses. Mereka berpakaian bebas dan terus berkeliling memburu calo. Ini semua untuk kenyamanan masyarakat dari aksi percaloan,” tambah Kompol Erwin.

Erwin mengimbau, masyarakat tidak perlu menggunakan jasa calo dalam pengurusan SIM. Sebab pelayanan dari petugas kepolisian yang diberikan sama.

Yakni tetap mengikuti prosedur yang diterapkan berupa mengikuti tes tertulis dan praktek. Sehingga  tidak menimbulkan keresahan kepada pemohon yang datang mengurus sendiri. (hf)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag