VW Manipulasi Uji Emisi, CEO Undur Diri

Kamis, 24/09/2015 22:39 WIB

mobilinanews (Wolfsburg) - Berita mengejutkan datang dari produsen kendaraan asal Jerman, VolksWagen (VW). Martin Winterkorn yang sudah menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) VW selama 8 tahun, mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Rabu (23/9) kemarin.

Ini terkait skandal tes uji emisi yang diakui VW telah berbuat kecurangan tehadap regulator AS dengan memasang sebuah alat khusus agar mendapatkan hasil uji emisi gas buang yang positif.

Dari hasil pengungkapan yang dilakukan oleh regulator AS, dinyatakan bahwa VW memasang alat tersebut pada 500.000 unit kendaraan yang melakukan tes jalan.

"Saya terkejut dengan kejadian ini. Mengapa hal seperti ini bisa terjadi di perusahaan sebesar Volkswagen. Kami butuh awal yang baik, termasuk dalam persoalan karyawan. Untuk itu saya memberikan jalan dengan pengunduran diri saya ini," kata Winterkorn seperti dilansir Reuters.

Sebelumnya Kanselir Jerman, Angela Merkel juga mendesak VolksWagen bergerak secepat mungkin untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Bahkan pihak VolksWagen juga sudah mengadakan pertemuan khusus untuk mencari pengganti Winterkorn secepatnya.

Beberapa nama yang masuk dalam daftar bidikan dan dinilai memenuhi kualifikasi menggantikan Winterkorn adalah CEO Porsche Matthias Mueller, CEO Audi Rupert Stadle serta Direktur VolksWagen Herbert Dies.  

Atas kejadian ini, Volkswagen terancam dikenakan sanksi berupa denda sebesar 18 miliar dolar.

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024