F1 Styrian 2020: Kabur ke Monaco, FIA Ancam Bottas dan Leclerc

Jum'at, 10/07/2020 10:01 WIB

mobilinanews (Austria) - Protokol kesehatan terkait wabah Coronavirus dibuat sangat ketat di 2 seri awal F1 2020 di Austria. Tapi, tetap saja ada pelanggaran. Bahkan oleh tiga pembalap top F1.

Valtteri Bottas (Mercedes) dan Charles Leclerc (Ferrari) ternyata pulangkerumah mereka di Monaco seusai finish 1 dan 2 di GP Austria pekan lalu. Itu jelas melanggar ketentuan FIA yang mengharuskan tertangkap basah seluruh tim dan awaknya tinggal di hotel atau `rumah-rumah` sementara di sekitar sirkuit Red Bull Ring. Pasalnya, seri kedua dengan title GP Styrian berlangsung di tempat yang sama dan dimulai Jumat (10-7-2020) ini.

Ternyata kedua pembalap itu menggunakan jeda tiga hari di Monaco. Leclerc malah tertangkap lewat instagramnya berada di sebuah pub Monte Carlo dengan beberapa orang dan semuanya tanpa masker.

Bottas berdalih ia sudah mendapat izin dari timnya. "Tak ada yang salah. Saya di rumah atau tinggal di sirkuit juga bersama orang yang sama," katanya.

Leclerc pun sama. Tak merasa salah apa-apa.

"Sebelum pulang saya dua kali tes kesehatan Covid-19. Dua-duanya dengan hasil negatif," ucapnya.

Dengan kejadian itu F!A pun kirim peringatan lewat tim Mercedes dan Ferrari. Sebelumnya, FIA juga sudah beri peringatan buat Sebastian Vettel (Ferrari) yang kedapatan bicara dengan petinggi Red Bull tanpa menggunakan masker.

FIA pun mengancam. Jika terulang pada GP Styrian akhir pekan ini, kasusnya akan dibawa ke sidang stewards. Pengawas lomba yang akan menentukan bentuk hukumannya.

Prilaku Bottas dan Leclerc tentu saja menjadi sorotan komunitas F1. Antara lain Vettel sendiri dan Romain Grosjean. Dengan halus mereka menyindir Bottas dan Leclerc. Bahwa mereka memilih tinggal di Austria tak lain untuk kebersamaan dengan tim seluruh kru. (rnp)

TERKINI
F1 2024: Ini Sinyal Tim Yang Akan Menampung Adrian Newey, Bukan Ferrari atau Mercedes Benny Santoso Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia Series 2024, Piala Pertama Balapan International Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV