MotoGP 2020 Spanyol: Drama Quartararo, P1 Perdana di MotoGP!

Minggu, 19/07/2020 21:22 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Akhirnya pecah telor. Berulangkali raih pole position sejak musim lalu, baru kali ini Fabio Quartararo melengkapinya dengan gelar juara. Di tengah drama yang dialami Marc Marquez.

Terlepas dari dua kali musibah Marquez, taktik Quartararo terbilang ciamik. Start dengan komposisi ban berkompon keras dan lunak, pembalap Yamaha Petronas Srt ini langsung disalip Maverick Vinales sesama penunggang M1, juga disalip Marquez.  

Bedanya Vinales turun dengan kombinasi ban soft depan belakang. Dalam 4 lap awal seolah rivalitas di baris depan hanya antara Vinales dan Marquez karena keduanya melesat semakin jauh di depan.

Sayang, Marquez slip di tikungan cepat dan berjibaku di gravel saat posisinya sudah hampir nyaman di depan Vinales. Terlempar ke urutan 16, Marquez lantas memulai drama lanjutannya.

Dan, setelah 8 lap, strategi ban Quartararo mulai berbuah pada saat ban Vinales semakin kendur. Maka dengan mudah Quartararo memimpin balapan.

Drama lain menyusul tak kalah dramatis. Dari urutan 16 akhirnya Marquez kembali masuk zona podium. Dengan gaya menyalip yang cenderung liar, MM93 berhasil kejar Vinales dan sangat berpotensi menyalipnya. Bahkan dengan lima laps sisa bukan mustahil Marquez juga bisa kejar Quartararo.

Apes, musibah datang saat RC213V besutan Marquez kembali mlintir. Kali ini dengan dampak serius karena ia terlempar dan terguling-guling di trek. Ia langsung dilarikan ke klinik. Pasien ketiga setelah sebelumnya Alex Rins (Suzuki) dan Cal Crutchlow (LCR Honda).

Tak mampu berkata-kata, Quartararo menyebut momen ini menjadi terbaik dalam hidupnya. Sebuah penantian panjang.

"Kemenangan ini saya persembahkan buat para korban Covid-19," kata Quartararo terbata-bata.

Kemenangan ini juga perdana dan bersejarah buat tim Petronas Yamaha. Sekaligus kali pertama mereka berada di puncak klasemen.

Di podium, Quartararo didampingi Vinales dan Andrea Dovizioso. Mereka bersukacita sementara Marquez dalam penanganan dokter di klinik. (rnp)

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag