Pabrik Pajero di Jepang Bakal Ditutup, Ada Apa Dengan Mitsubishi?

Selasa, 28/07/2020 23:53 WIB

mobilinanews (Tokyo) - Mitsubishi Motors dalam rapat para direksi pada 27 Juli 2020 memutuskan untuk mengakhiri produksi Pajero pada awal tahun depan.

Anak pabrik Mitsubishi yang memproduksi SUV Pajero, MVP Delica dan Outlander yang berlokasi di Kota Sakahogi, Prefektur Gifu, Jepang, akan ditutup pada paruh pertama 2021.

Terjadi akibat dari meruginya perusahaan berlogo tiga berlian ini, dan puncaknya pada 2019/2020 mencapai triliun rupiah. Disamping itu, Pajero dianggap gagal bersaing dengan kendaraan yang berukuran kecil.

Sehingga pihak Mitsubishi Motors harus melakukan upaya restrukturisasi. Tidak hanya menutup pabrik, namun juga dengan memangkas gaji para eksekutif.

"Cara ini untuk membuka jalan menuju pemulihan, prioritas utama semua eksekutif adalah berbagi rasa krisis dengan karyawan melakukan pengurangan biaya,” ujar Takeo Kato selaku Chief Executive Mitsubishi Motor Corporation.

Sementara itu, Mitsubishi juga akan memfokuskan penjualan ke pasar Asia terkhusus Asia Tenggara, dan mengurangi intensitas penjualan di Amerika Utara dan Eropa.

"Sebelum pandemi, kami sudah mempertimbangkan mengurangi sejumlah wilayah dan segmen kendaraan yang berkinerja buruk, demi mengurangi dampak. Nanti, setelah pademi (Covid-19 berakhir), kami perlu mengambil langkah untuk membuat perubahan ini. Kami akan fokus ke pasar yang kompetitif," tambah Takeo Kato.

Padahal, Pajero pernah mencapai masa jayanya dengan kesuksesannya di ajang Reli Dakar dengan meraih 12 kemenangan dalam periode 1985 hingga 2007.

Puncak produksi Pajero di Jepang tercatat tahun 1992 dengan memproduksi sebanyak 174.908 unit kendaraan. Dan ekspor terbesar terjadi pada 2000, sejumlah 129.198 unit kendaraan disebarkan ke seluruh belahan negara di dunia.

Meski begitu, tampaknya akan berbeda dengan Pajero Sport yang diproduksi di Indonesia, karena secara penjualan berada pada jalur positif.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga belum memberikan pernyataan resminya terkait nasib Pajero Sport yang ada di Indonesia. (lila)

 

TERKINI
PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos BYD Bakal Buka Pabrik di Subang Jawa Barat, Ribuan Pekerja Telah Dinanti PEVS 2024 : Ofero Perkenalkan Baterai Lithium, Unit Motor dan Sepeda Listrik Baru di Asia Bike GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih