MotoGP 2020: Valentino Rossi ke Malaysia, Bukan Untuk Bikin Petronas Terkenal

Rabu, 29/07/2020 23:45 WIB

mobilinanews (Malaysia) - Podium Velentino Rossi di GP Andalusia disambut hangat oleh Team Principal Petronas Yamaha Srt Razlan Razali. Maklum, The Doctor akan bergabung dengan tim Malaysia itu pada musim 2021.

Podium itu, kata Razali, menghilangkan keraguan dia terhadap performa Rossi dalam usianya yang 41 tahun. Itu juga membuatnya lebih mudah menjelaskan alasan memilih Rossi kepaqda para pemegang saham Petronas.

"Itu bukan pilihan yang dipaksakan. Vale adalah Vale. Ia sangat mengesankan meski sempat pula ada keraguan melihat performanya di seri pertama. Namun, di seri kedua ia mengubahnya," kata mantan bos Sirkuit Sepang itu kepada Autosport.

Ia menyebut pengumuman resmi The Doctor gabung dalam timnya hanya menunggu waktu. Tinggal menuntaskan maslah seputar kru yang akan dibawa The Doctor berikut struktur dan sinerji antara Yamaha, pihaknya, dan dengan manajemen VR46.

"Setelah berbicara dengan Valentino dan stafnya, kami memahami apa yang ia butuhkan," lanjut razali tanpa menyebut apa saja permintaan pemegang 9 gelar dunia itu.

Yang jelas, lanjutnya, ia sama sekali tak ingin Petronas numpang terkenal dengan nama besar Rossi. Ia punya filosofi sendiri dengan keinginan membangun sesuatu dari tiada menjadi ada.

Seperti yang sudah dilakuan timnya dengan fabio Quartararo sejak 2019 samai saat ini sebagai pemimpin klasemen sementara 2020.

"Siapa pun yang bersama kami harus berdasarkan hasil. Kami tak ingin terkenal karena Rossi di sini. Kami justru ingin membantunya agar kompetitif, bahkan dalam usianya saat ini."

Rossi pindah ke tim satelit Yamaha ini pada musim 2021 dengan menggantikan Quartararo yang promosi ke tim pabrikan mendampingi Maverick Vinales.

Meski di tim satelit, status Rossi sepenuhnya pembalap pabrikan dengan fasilitas teknis yang sama dengan duet Vinales - Quartararo.

Di tim Petronas Rossi akan berdampingan dengan joki Italia lainnya, Franco Morbidelli, yang tak lain adalah adik didik The Doctor di VR46 Racing Academy. (rnp)

 

TERKINI
GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition PT BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus