F1 2020 Inggris: Misteri Kecepatan Charles Leclerc, Red Bull Bingung

Minggu, 02/08/2020 17:39 WIB

mobilinanews (Inggris) - Ferrari yang tenggelam di 3 seri awal, mendadak jadi pusat perhatian di GP Inggris.

Start dari P4 pada race Minggu (2-8-2020) pukul 20.00 WIB nanti, pergerakan Charles Leclerc layak diwaspadai. Terlebih oleh Max Verstappen (Red Bull) yang start bersebelahan, P3.

Kualifikasi memang didominasi pembalap Mercedes. Tapi, apa yang dilakukan Leclerc menjadi pusat perhatian tersendiri.

Terlebih kala ia gunakan ban berkompon medium untuk lolos ke Q3 saat yang lain gunakan kompon lembut.

Petinggi tim Red Bull, Helmut Marko, secara blak-blakan mengakui penampilan SF1000 di tangan Leclerc sangat misterius.

"Dari mana ia memperoleh kecepatan seperti itu. Ia kini kalahkan kami di trek lurus. Ia hanya kehilangan seperdua detik dari best time-nya pada 2019. Ini sungguh mengherankan," kata Marko.

Soalnya kata penasehat senior Red Bull itu, hal sama sama sekali tak terlihat pada SF1000 satunya yang dibesut Sebastian Vettel.

Seolah ada hal baru yang terpasang atau disetel pada besutan Leclerc, tapi tidak dilakukan pada mobil Vettel.

Dengan asumsi itu wajar kalau Marko dan bahkan Verstappen sendiri layak mewaspadai Leclerc secara khusus untuk bertarung ke zona podium.

Leclerc mengakui timnya memang merencanakan sesuatu yang baru pada Jumat tengah malam untuk menyongsong sesi kualifikasi Sabtu.

Ia tak jelaskan set up seperti apa, tapi rencana menggunakan ban medium membuahkan hasil meski tadinya tak begitu banyak berharap.

"Bahwa ini kemudian berhasil, itu yang membuatku senang. Mengawali balapan dengan ban medium bisa jadi pilihan yang bagus karena daya tahan ban kami lebih lemah dibandingkan tim lain," kata Leclerc yang rivalitasnya dengan Verstappen menjadi warna kompetisi tersendiri pada 2019.

Kala Lewis Hamilton - Valtteri Bottas berjaya di baris depan dan dipastikan tak bakal ada tarik-tarikan di antara mereka untuk cari aman.

Pertemuan Verstappen - Leclerc diharapkan bisa jadi suguhan tersendiri terlepas siapapun nantinya yang finish lebih dulu. (rnp)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap