MotoGP 2020 Austria: Kasihan Dovizioso, Cenderung `Nyerah` di Sirkuit Favorit

Rabu, 12/08/2020 21:34 WIB

mobilinanews (Austria) - Tak bakal ada lagi pertarungan sengit wheel to wheel, dari tikungan satu ke tikungan berikutya, antara Andrea Dovizioso dengan Marc Marquez di Red Bull Ring akhir pekan ini.

Marquez absen, sementara Dovi tengah sengsara di atas Desmosedici GP20.

Kali ini status Dovi ke GP Austria bukan sebagai penguasa Red Bull Ring seperti selama ini. Sejak sirkuit itu menggealr MotoGP lagi pada 2016, joki utama Ducati ini paling menonjol di sana.

Empat kali lomba, semuanya naik podium, 2 di antaranya juara (2017 dan 2019) lewat partai `hidup mati` dengan Marquez.

Performa Ducati Desmosedici GP20 yang sama sekali belum oke membuat Dovi sulit memprediksi peluang di sirkuit favorit tersebut. Sepanjang race musim ini ia bukan hanya kewalahan dari pabrikan lain, tapi juga direpotkan oleh anak-anak tim satelit Ducati, Pramac.

Terakhir di Rep. Ceko, Johann Zarco (Avintia) yang membesut Desmosedici GP19 malah jadi pole sitter dan podium di akhir lomba.

"Ceko telah menunjukkan kepada semua orang betapa sangat sulit membuat prediksi pada musim ini. Setiap balapan memiliki cerita yang berbeda," kata Dovi merujuk pada Zarco yang pole position dan Brad Binder (KTM) yang jadi juara.

Karena itu, kata Dovi, prioritasnya saat ini sangat beda meskipun Ducati berjaya dalam 4 tahun terakhir di Red Bull Ring.

Ia sama sekali tak bisa memprediksi seberapa kuat melawan Yamaha, Suzuki, dan para joki satelit. Bahkan melawan regu KTM yang menjadi tuan rumah di Red Bull Ring.

"Sekarang kami harus berpikir bahwa yang jadi prioritas terkini adalah mendapatkan kembali feeling yang baik di atas Desmosedici," ungkap Dovi.

"Di masa-masa sulit seperti ini kami tetap harus bersatu, tenang dan bekerja seperti yang selalu kami lakukan," lanjutnya.

Nada bicara Dovi terkesan pasrah. Tapi, seperti katanya sendiri bahwa musim ini sangat sulit memprediksi sebuah balapan, maka siapa yang memastikan kalau set up baru sayap Desmosedici GP20 tak akan berbuah positif di Austria.

Siapa pula yang bisa memprediksi peluang Dovi di jalur kejuaraan dunia sudah punah?

Saat ini ia berada di posisi 3 klasemen sementara (31 poin) di bawah Fabio Quartararo (59) dan Maverick Vinales (42). (rnp)

 

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia