F1 2020: Turun 3 Kg Usai Balapan, Bottas Keluhkan Livery Hitam Mercedes

Senin, 17/08/2020 19:56 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tiga seri beruntun F1 di Silverstone dan Barcelona berlangsung dalam cuaca panas. Tak cuma menggerus ban, tapi juga stamina dan kenyamanan pembalap.

Diperparah oleh baju balap joki Mercedes bekelir hitam?

Joki Mercedes, Valtteri Bottas mengapungkan masalah itu seusai GP Spanyol kemarin.

Dalam suhu udara 30 derajat celcius mengarungi balapan sebanyak 66 lap, berat badan driver Finlandia itu turun 3 kg saat timbang badan usai finish.

Untuk tak dehidrasi, karena di dalam kokpit katanya  luar biasa panas dan sangat tak nyaman.

Menurutnya baju balap berwarna hitam yang dipakai turut menambah masalah. Seperti diketahui, musim ini Mercedes ganti livery mobil mereka dari silver ke wrna hitam, termasuk overall yang digunakan pembalap.

Kebijakan itu diambil untuk gerakan persamaan hak dan anti rasis BlackLivesMatter yang salah satu pegiatnya adalah Hamilton.

"Saya tidak paham angka atau fakta apa pun seberapa besar perbedaaan suhu antara hitam versus putih. Yang pasti secara umum warna hitam menyerap lebih panas dibandingkan putih, terutama saat ada sinar matahari langsung. Yang juga pasti, saya rasakan tahun ini sangat panas di dalam mobil," kata Bottas.

Sebenarnya tahun ini, FIA juga keluarkan peraturan baru soal overall dan pakaian dalam pembalap yang harus lebih tebal dari sebelumnya.

"Saya tak tahu seberapa besar pengaruhnya. Menurut saya putih akan lebih nyaman," kata Bottas seolah tak setuju dengan peralihan livery yang kabarnya digagas oleh Hamilton itu.

Ia khawatir jika tetap seperti ini maka bobot tubuh dan performanya akan semakin turun. Kebetulan dalam 3 seri di trek panas itu Bottas tiga kali berturut kalah dari pembalap Red Bull Max Verstappen.

Membuatnya kehilangan posisi di urutan 2 klasemen pembalap, digantikan Verstappen.

Menanggapi keluhan Bottas yang sama sekali tak dikeluhkan Hamilton itu, Direktur Strategi Mercedes James Vowles langsung memberikan tanggapan. 

"Sejak livery ini diluncurkan pada GP Austria lalu, kami tak melihat ada perbedaan suhu di radiator mobil ataupun pada sistem inti lainnya akibat penggunaan warna hitam," kata Wowles.

Lah, Bottas ngomong soal suhu di dalam balutan baju balapnya, eh Pak Vowles malah bandingkan dengan radiator! (rnp)

 

 

 

TERKINI
Halal bi Halal Nissan Terrano Club Sumbar Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024