Ini Kesalahan Terbesar Yang Sering Dilakukan Komunitas Saat Melakukan Touring

Sabtu, 22/08/2020 19:23 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Touring merupakan salah satu tradisi yang kerap dilakukan oleh komunitas otomotif.

Baik itu kendaraan roda dua ataupun roda empat, acapkali melakukan kegiatan tersebut sebagai pelepas penat atau sekedar berkumpul.

Melihat banyaknya komunitas yang sering ugal-ugalan, Reza Agis, bikers yang juga sebagai penggiat road safety, menjelaskan kesalahan yang sering dilakukan oleh komunitas ketika konvoi touring.

Dalam hal ini, Reza, menjelaskan kesalahan tersebut adalah dengan menguasai jalan umum ketika melakukan kegiatan tersebut. Padahal, komunitas tidak ada urgensinya ketika melakukan touring.

"Kesalahan yang paling sering adalah berkonvoi dengan menguasai jalan seakan mereka adalah kendaraan prioritas. Sejatinya, konvoi bikers touring adalah sama dengan pengguna jalan lainnya," ungkap Reza kepada mobilinanews.

Bikers yang juga tercatat sebagai salah satu personil dari Forum Bikers Tangerang Selatan (Forbitas) menyarankan kepada sesama rekan komunitas untuk tetap menaati peraturan yang berlaku di UU Jalan Raya.

"Sebaiknya, komunitas yang melakukan kegiatan touring dengan konvoi tetap mengikuti aturan yang berlaku. Seperti berbagi jalan dengan sesama pengguna jalan, saling menghargai dan menghormati dengan sesama pengguna jalan lainnya," tambah Reza.

Jika berkaca dari beberapa kejadian, sering kali komunitas secara arogan menguasai jalan umum. Mereka biasanya 'meminta' jalur agar dapat melalui jalan tersebut dengan lancar. (hf)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda