Menhub Budi K Sumadi Pantau Arus Balik Libur Panjang Dari di Cikopo

Minggu, 23/08/2020 17:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Libur panjang yang HUT Kemerdekaan RI ke-75 dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, membuat arus lalu lintas di jalan tol meningkat.

Terhitung sejak 20 Agustus, pemerintah telah menetapkan libur diperpanjang sampai Minggu (23/8/2020) dengan label cuti bersama.

Melihat antusias lalu lintas tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pantauan langsung untuk arus balik ke Jakarta.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke sepanjang jalur tol mulai dari Jakarta hingga ke gerbang tol Cikopo, Jawa Barat, dengan menggunakan helikopter.

“Kami berharap tidak ada lonjakan yang signifikan pada hari ini. Namun Kemenhub bersama Korlantas Polri dan Jasa Marga tetap siaga bersinergi melakukan antisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan,” jelas Budi K. Sumadi di Cikopo, Jawa Barat.

Menhub mengimbau kepada masyarakat agar tidak kembali pada waktu bersamaan pada puncak arus balik untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan dan menyebabkan kemacetan yang parah.

Menhub juga mengingatkan, agar masyarakat memastikan kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima serta mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak) saat berada di tempat istirahat (rest area).

Berdasarkan informasi dari Jasa Marga, sejak H-1 hingga H+1 (19-21 Agustus 2020) libur panjang Tahun Baru Islam, tercatat sebanyak 460.792 kendaraan bergerak mengarah ke luar Jakarta.

Jumlah tersebut naik 27,3 persen jika dibandingkan lalin normal. Angka tersebut diperoleh dari hasil pencatatan di empat gerbang tol utama yang menuju ke luar Jakarta, yakni di GT Cikupa (arah barat), GT Ciawi (arah selatan), dan GT Cikampek serta GT Kalihurip Utama (arah timur). (hf)

TERKINI
Tips Merawat Sistem Rem untuk Meningkatkan Keselamatan dan Daya Tahan Mobil Anda Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya Soal Insentif Mobil Hybrid, Jokowi Mengaku Masih Melakukan Kajian Mendalam Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia