MotoGP 2020 Styrian: Rem Terbakar, Vinales Pilih Jatuhkan Diri Dalam Kecepatan 200 Km/jam!

Minggu, 23/08/2020 21:49 WIB

mobilinanews (Austria) - Pada lap sebelumnya, Maverick Vinales sudah melambat dan angkat tangan memberi ruang bagi pembalap lain menyalipnya. Ada masalah, tapi, kenapa rider Yamaha itu terus lanjutkan lomba?

Pertanyaan itu yang belum terjawab. Barangkali akan dijawab resmi beberapa saat lagi lewat resmi tim pabrikan Yamaha.

Yang jelas, terbakarnya M1 besutan Vinales membuat race langsung dihentikan sementara demi keselamatan.

Dari keterangan sementara, Vinales melambat itu akibat remnya tak berfungsi. Ia tetap lanjutkan balapan menggunakan sisa-sisa rem yang ada, baik rem depan maupun belakang.

Tak lama. Karena sejurus kemudian ia melihat rem terbakar dan sama sekali tak bisa digunakan.

Dalam situasi sempit dan terdesak, rider Spanyol ini memilih menjatuhkan diri dari atas motor dalam kecepatan 200-an kpj ketimbang melaju tak karuan dengan akibat yang pastinya bisa lebih buruk.

Ia menggulingkan diri di trek, sedangkan si M1 nyelonong terus melewati gravel, menubruk dinding pemisah sirkuit, dan langsung terbakar.

Seorang komentator menyebut itu adalah langkah paling buruk yang harus dilakukan pembalap dalam situasi demikian. Tapi, di sisi lain, bisa jadi itu langkah yang lebih baik ketimbang Vinales sempat terbakar juga bersama motornya.

Belum diketahui apakah problem rem ini sama dengan masalah yang pekan lalu dialami Fabio Quartararo di GP Austria, dan tampaknya juga belum tertangani di GP Styrian ini.

Gejala itu tampak karena beberapa kali Quartararo melebar di tikungan akibat gagal ngerem pada titik yang ideal.

Usai balapan pekan lalu, Vinales sudah tak lagi memikirkan kejuaraan dunia selain fokus pada penanganan dan pengembangan berbagai masalah pada M1-nya.

Kini pulang tanpa poin dari GP Styrian, posisinya di klasemen sementara pun langsung disodok dua pembalap lain, membuat Vinales turun ke peringkat 5 dengan total poin 48.

Tak apa, setidaknya masih unggul 3 poin atas rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi, jika berpedoman pada anggapan bahwa rekan setim adalah orang yang pertama harus dikalahkan. (rnp)

KLASEMEN SEMENTARA 10 BESAR MOTOGP

Pos.RiderBikeNationPoints
1Fabio QUARTARAROYamahaFRA70
2Andrea DOVIZIOSODucatiITA67
3Jack MILLERDucatiAUS56
4Brad BINDERKTMRSA49
5Maverick VIÑALESYamahaSPA48
6Takaaki NAKAGAMIHondaJPN46
7Valentino ROSSIYamahaITA45
8Joan MIRSuzukiSPA44
9Miguel OLIVEIRAKTMPOR43
10Pol ESPARGAROKTMSPA35

 

 

 

 

 

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata