Tips Mengendara Mobil Di Jalanan Macet

Kamis, 01/10/2015 08:28 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Berkendara di kondisi jalan macet seperti di Jakarta,  harus memiliki tips yang tepat. Kesabaran dalam berkendara serta kewaspadaan juga sangat perlu dijaga untuk menghindari mobil yang kita kendarai bersinggungan dengan kendaraan lain. Untuk itu, berikut ada beberapa tips tentang cara mengendarai Mobil Saat Macet.

Kurangi Intensitas Setengah Kopling
Saat kondisi jalanan padat atau macet, kita memang diharuskan bereaksi dengan dengan cara mengemudi stop and go. Namun tidak sedikit orang yang menggunakan teknik setengah kopling untuk mempercepat respon mobil di depan. Agar tidak membuat cepat lelah, atau kopling menjadi cepat panas dan aus, sebaiknya hindari cara ini. Jaga jarak hingga kendaraan di depan kita sudah agak jauh baru mulai berjalan perlahan. Apalagi saat menghadapi macet di tanjakan, penggunaan rem tangan lebih dianjurkan daripada menahan setengah kopling.

Posisikan Transmisi Netral Saat Berhenti
Kemacetan yang parah tak jarang membuat kita harus berhenti di tengah-tengah dalam waktu yang lumayan lama. Jika menghadapi kondisi seperti itu, posisikan transmisi mobil pada kondisi netral. Hal ini untuk menjaga kemungkinan pedal kopling yang terlepas karena pengemudi lupa kalau transmisi dalam posisi aktif, atau bisa juga karena kelelahan. Jika menggunakan mobil matic, berhenti pada posisi transmisi di D terlalu lama akan meningkatkan konsumsi BBM.

Gunakan Lampu Isyarat/Sein
Jika akan berpindah jalur, memotong atau berputar arah, selalu gunakan lampu sein untuk memberikan isyarat pada mobil di belakang anda. Dalam kondisi macet, tidak semua pengendara mau memberikan jalan mereka. Maka dari itu, bersabarlah dan jangan memaksakan masuk jalur yang tidak diberi akses. Terburu-buru memotong jalur lain juga tidak akan membuat selisih waktu anda melalui macet menjadi jauh lebih cepat. Yang ada, justru memperburuk kemungkinan resiko mobil bersinggungan dengan kendaraan lain.

Lihat Instrumen Dan Indikator Mobil
Dalam kondisi macet, mobil akan bekerja sedikit lebih keras dibandingkan dengan jalanan yang lancar. Apalagi macet di siang hari yang terik, mesin akan beresiko mengalami overheat hingga mogok. Perhatikan indikator suhu mobil anda dengan baik. Indikator lain seperti oli atau bensin juga jangan sampai dilewatkan. Anda tidak mau kehabisan bensin di tengah-tengah kemacetan bukan?

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda