F1 2020: Mlipir Lewat Amerika, Bernie Ecclestone Kembali ke Trek Formula One

Kamis, 27/08/2020 14:14 WIB

mobilinanews (Inggris) - Salah satu tim fenomenal dalam sejarah F1, Williams, sudah diakuisisi perusahaan investasi AS agar terhindar dari kebangkrutan. Mantan ringmaster F1, Bernard `Bernie` Ecclestone, ada di dalamnya?

Tim yang dibangun duet sohor Sir Frank Williams dan Patrick Head ini sudah lahirkan banyak juara dunia F1 macam Alan Jones, Nelson Piquet, Nigel Mansell, Alain Prost, Damon Hill dan Jacques Villeneuve. Valtteri Bottas yang kini perkuat tim Mercedes adalah salah satu rising star yang muncul dari kawah tim Williams.

Investor baru adalah Dorilton Capital yang markas besarnya di Kota Manhattan, AS, namun akan tetap pertahankan homebase Williams di Grove, Inggris. Nama tim tak berubah dan kode mobil Williams juga tetap FW.

Claire William, putri Frank yang menjalankan tim saat ini sebagai Deputy Director, menyebut investor baru timnya adalah orang-orang yang sangat mengerti soal motorsport. Karena itu ia optimis manajemen baru akan mampu mengembalikan kejayaan Willimas yang nyaris bangkrut akibat damak berkepanjangan pendemi Coronovirus.

Statement Claire memicu keingintahuan media siapa orang motorsport yang dimaksud? Beberapa media Inggris ramai-ramai lakukan investigasi. Hasilnya, thejudge13.com melaporkan kalau yang dimaksud merujuk pada James Matthew. Ia ini mantan pembalap F3,kini pengusaha sukses dan beristrikan Pippa Middleton yang masuk lingkaran kerabat kerajaan Inggris.

Sosok lain yang ditemukan adalah Bernie Ecclestone mantan penguasa F1 selama 40 tahun. Petunjuknya adalah kolaborasi investasi Doriton di AS dengan BCE Limited di Inggris. Inisial BCE itu diduga adalah Bernard Charles Ecclestone, nama lengkap sang mantan.

Dugaan itu semakin kuat, karena Ecclestone sangat aktif mencarikan investor baru guna membantu sahabat karibnya, Frank Williams.

"Ini adalah tim yang bersejarah. Tak masuk akal melihatnya pergi begitu saja. Saya tahu Frank yang terkasih sudah sangat bekerja keras untuk menyelamatkan tim ini. Saya ingin mencarikan pihak yang kompeten karena menjalankan tim seperti ini sangat mahal," kata Ecclestone kala tim Williams mulai mencari investor pada bulan lalu.

Belum ada konfirmasi resmi apakah inisial BCE itu adalah dirinya. Jika benar maka ini sangat menarik, karena jadi pintu masuk kembalinya Ecclestone ke ranah F1. Terlebih karena ia sangat gerah meilhat perkembangan saat ini karena banyak penonton yang tertidur di depan TV karena balapan yang monoton. Beda dengan era kepemimpinannya yang banyak intrik, kontroversi, dan rivalitas sengit bukan hanya antartim tapi juga pembalap satu tim.

Hal-hal semacam itu tak harus menunggu terjadi alamiah. Harus dibuat dan Ecclestone adalah creator yang mahir memainkan berbagai isu. Itu sebabnya dulu atmosfer F1 acap panas di dalam dan di luar sirkuit. (rnp)

 

 

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024