Berpaling dari Thailand, Honda Indonesia Kini Bisa Uji Mesin Sendiri

Kamis, 01/10/2015 18:02 WIB

mobilinanews (Karawang) - PT Honda Prospect Motor (HPM) meresmikan fasilitas Engine Test Bench di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini nantinya akan digunakan untuk melakukan pengujian performa dan kualitas mesin yang telah diproduksi di pabrik PT HPM.

Tentu kehadiran fasilitas ini akan mempermudah dan mempercepat proses produksi mobil-mobil Honda di Indonesia. Bila selama ini pengujian mesin produksi PT HPM dilakukan di Thailand, India atau Jepang, maka dengan beroperasinya fasilitas Engine Test Bench ini, pengujian mesin cukup dilakukan di dalam negeri, lebih cepat dan efisien.

“Dengan total investasi senilai sekitar 500 miliar rupiah, berbagai fasilitas baru ini mempunyai peran penting dalam meningkatkan proses kontrol kualitas dari produksi kami, sekaligus mendukung proses lokalisasi komponen sehingga semakin cepat dan efisien,” jelas Tomoki Uchida, President Director PT HPM.

Fasilitas Engine Test Bench ini juga digunakan untuk pengujian terhadap komponen lokal untuk pemenuhan produksi mesin mobil Honda. Diharapkan hadirnya fasilitas ini akan mempercepat proses pemenuhan lokalisasi komponen untuk mobil-mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia.

“Kami percaya bahwa investasi ini tidak hanya berperan penting untuk pengembangan bisnis Honda di Indonesia, namun juga akan memberikan dampak positif bagi industri otomotif serta masyarakat secara umum di Indonesia,” lanjut Uchida.

<a href=Tomoki Uchida dan VIP Honda lainnya meninjau pabrik komponen Crank Shaft yang baru saja dibangun" width="600" height="400" />

Saat yang sama, PT HPM juga memperlihatkan pabrik komponen Honda yang masih dalam tahap pembangunan. Pabrik komponen tersebut nantinya akan memproduksi Crank Shaft. Berdasarkan regulasi LCGC (Low Cost Green Car) dari pemerintah, Crank shaft adalah salah satu komponen yang sudah harus diproduksi lokal.

Pabrik di atas lahan seluas 7.000 m2 dan masih berada dalam lingkungan area pabrik PT HPM Karawang ini berkapasitas produksi hingga 1.000 unit/hari atau 243.000 unit per tahun.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM mengatakan bahwa seiring dengan permintaan konsumen untuk produk-produk Honda yang semakin meningkat, termasuk untuk model terbaru Honda BR-V yang juga mendapat sambutan yang sangat baik dari konsumen, Honda berkomitmen terus mengembangkan fasilitas produksi sehingga penyediaan produk lebih cepat, efisien, dan kualitasnya semakin terjamin.

"Hal ini pun diimbangi dengan perluasan jaringan penjualan dan purna jual Honda di seluruh Indonesia yang kami rencanakan akan mencapai 200 dealer di seluruh Indonesia,” tutup Jonfis.

TERKINI
Mazda CX-60: Tawarkan Eksklusivitas dan Kinerja yang Mumpuni di Pasar Indonesia BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos