WRC 2020 Estonia: Wow, Hyundai Borong 3 Posisi Teratas!

Sabtu, 05/09/2020 20:01 WIB

mobilinanews (Estonia) - Setelah 6 bulan terhenti oleh pandemi Covid-19, World rally Championship (WRC) kembali bergulir. Putaran ke-4 serial 2020 ini berlangsung di Estonia, negerinya Ott Tanak yang juara dunia 2019.

Berbekal pengetahuan dan pengalaman relinya di negeri sendiri, sungguh tak mengherankan kalau Tanak sejak awal difavoritkan juara di Rally Estonia. Buktinya hingga hari kedua, Sabtu (5-9-2020), ia memimpin setelah lomba menuntaskan 6 SS (special stage) awal. Eks joki Toyota yang musim ini membesut Hyundai itu menang di SS3 dan 4.

Hebatnya, Tanak ditemani dua joki Hyundai lainnya di grup 3 Besar teratas, yakni Craig Breen dan Thierry Neuville. Urutan 4 dihuni Sebastien Ogier, pembesut Toyota yang juga pemimpin klasemen sementara musim 2020.

Kejutan dibuat jokimuda Toyota Kalle Rovanpera. Menggeber Yaris, anak Finlandia berumur 19 tahun itu tampil tercepat di SS2. Dan, itu adalah sukses pertamanya memenangi sebuah SS di reli mobil level WRC.

Saat beritaini ditayangkan, SS7 tengah berlangsung dan Tanak yang masih teratas. Ia unggul pada trek teknikal berkat pengenalannya yang lebih bagus dibandingkan pereli lainnya. Sementara para joki Toyota sejauh ini disebut-sebut lebih unggul pada bagian lintasan yang kudu dilibas dengan kecepatan tinggi.

Meski favorit pertama di garis finish Minggu (6/9), Tanak mengaku tak mudah melakoni lomba meski ia sangat mengenal karakter lintasannya.

"Sangat tak mudah. Daya cengkeram ban sangat mudah berubah cepat. Saya harus ekstra fokus di sepanjang lomba," katanya.

Saat ini Tanak berada di urutan 5 klasemen sementara WRC dengan poin 38. Kalah  24 poin dari Ogier di pucuk pimpinan. Ia tettinggal telak tak lain karena kecelakaan fatal di seri pembuka lalu, Monte Carlo, yang membuatnya gagal meraih poin. Karena itu poin maksimal sangat ia butuhkan saat ini, terlebih karena serial WRC 2020 hanya berlangsung 7 putaran. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag