F1 2020 Mugello: Millesimo Gran Premio, Ferrari Bawa Livery Jadul

Kamis, 10/09/2020 23:12 WIB

mobilinanews (Italia) - Serial F1 di Sirkuit Mugello akhir pekan ini sangat spesial buat Ferrari. Meski performa lagi jeblok, mereka ingin tampil heboh di sirkuit milik sendiri.

GP Italia pekan lalu di Sirkuit Monza adalah mimpi buruk buat The Prancing Horse, benar-benar terpuruk. Kedua pembalapnya pulang tanpa poin. Kalah di semua sesi.

Masih di Italia, balap F1 pekan ini bergeser ke Sirkuit Mugello yang selama ini akrab dipakai buat MotoGP. Untuk kali pertama trek milik Ferrari itu dipakai buat F1. Bertepatan dengan penampilan ke-1000 kali Ferrari mengaspal di jalur F1. 

Ini juga kali pertama balap F1 2020 yang bisa menghadirkan penonton dalam jumlah terbatas, hanya 3000 orang. Separohnya adalah tifosi Ferrari yang akan menempati tribun khusus.

Untuk merayakan millesimo gran premio itu, Ferrari akan tampil dengan livery jadul seperti awal mereka tampil di F1. Sebastian Vettel dan Charles Leclerc akan dibungkus dengan racing suit berbeda yang bisa jadi akan dipakai sekali saja.

Jelang balapan pada Minggu 13 September 2020 ada acara tambahan untuk mengingatkan kejayaan Ferrari. Mobil besutan Michael Schumacher saat jadi juara dunia 2004 akan diajak keliling Mugello. Yang berada di kokpit pun istimewa karena ia adalah Mick Schumacher, putra sang legenda yang sejak 2013 sampai saat ini masih terbaring tak berdaya akibat cidera otak.

"Itu akan menjadi lap yang emosional. Saya bangga mengendarai mobil yang membawa ayah menjadi juara dunia," ujar Mick yang saat ini balapan di kancah F2 sekaligus driver binaan Ferrari.

Akankah kemeriahan itu bisa dongkrak penampilan Vettel dan Leclerc? 

Sepertinya berat karena SF1000 besutan kedua joki mereka sama sekali tak kompetitif musim ini. Jangankan melawan Mercedes dan Red Bull, sekadar fight di level tengah pun kewalahan. SF1000 lemah di semua area - braking zone, top speed, maupun cornering. 

Dalam keadaan demikian menarik menunggu seberapa besar antusiasme fans Ferrari merayakan millesimo gran premio itu. (rnp)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing