MotoGP 2020: Marc Marquez Nikmati Peran Penasehat Buat Adinda

Rabu, 23/09/2020 21:33 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Lewat laman resmi hondaracingcorporation.com, juara dunia MotoGP Marc Marquez bicara banyak hal seputar MotoGP 2020. Termasuk rasa sedihnya tak bisa ikutan GP Catalunya di Sirkuit Barcelona, akhir pekan ini, yang hanya satu jam perjalanan dari rumahnya di Cervera.

Kondisi fiisiknya sudah membaik akibat kecelakaan parah di GP Spanyol silam yang membuat tulang tangan kanannya patah. Tapi, MM93 mengaku belum pulih 100%. Belum normal seperti sebelum terjadi kecelakaan.

"Saya akan kembali ke lintasan, tapi belum tahu kapan dan di mana. Jangan khawatir, saya dan Honda akan kembali tarung di level atas," makin tegasnya.

Soal kompetisi 2020 yang sangat ketat saat ini, Marquez mengaku menikmatinya lewat tayangan langsung di televisi. Ia sebut jarak antar pembalap yang hanya 1 detik antara P1 hingga P17 bahkan P18 benar-benar menggambarkan kekuatan motor yang kian berimbang.

Termasuk dari tim satelit. Itu bagus buat fans, buat pembalap, buat sponsor.

Tapi, itu justru kurang bagus buat para pembalap rookie seperti Alex sang adinda sayangnya Marquez sekaligus rekan setim di Repsol Honda. Kecepatan motor saat ini sulit diimbangi secara rutin oleh para ruki karena terbastasnya waktu testing dalam semusim. 

Ya, di tengah gemuruh persaingan Andrea Dovizioso, Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Joan Mir yang sangat ketat di klasemen sementara, perhatian Marquez tetap saja tercurah kepada adiknya.

Ia mengaku setiap Kamis (jelang seri balap) kala jatah ban dibagikan, Alex mengiriminya foto detil masing-masing tipikal ban yang akan digunakan.

Marquez pun menjadi penasehat sang adik untuk menentukan pilihan, termasuk memberi masukan soal riding style dengan ban tertentu pada trek tertentu.

"Tapi, kami profesional. Ia punya tim dan tim itulah yang menentukan. Saya tak pernah menelponnya lebih dulu untuk hal-hal seperti itu. Ia hanya akan menghubungi saya jika dianggap perlu nasehat. Biasnya 2 atau 3 kali sehari kami berkomunikasi," ungkap Marquez.

Tentu saja si kakak memahami berbagai kendala yang dialami adiknya saat ini di atas RC213V. Alex baru meraih 24 poin saat ini dan berada di urutan 16 klasemen.

Beda dengan abangnya saat menjadi rookie MotoGP pada 2013, langsung juara dunia. Satu hal yang jelas tak bisa dibanding-bandingkan.

"Alex masih dalam proses. Ia akan menemukan jalannya sendiri," pungkasnya.(rnp)

 

TERKINI
GWM Resmikan Diler 3S Pertamanya di Indonesia Wuling Luncurkan Mobil Listrik Cloud EV The Future of Comfort di Jakarta, Harga Rp 398 Jutaan Chery Group Raih Total Penjualan 182.049 Unit di Bulan April, Meningkat 43,7 Persen Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan, Performa, dengan Harga Terjangkau