Start Ke-8, Daffa AB Berhasil Pecah Telor Raih Podium di BDR Race Against Pandemic 2020!

Minggu, 27/09/2020 15:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Benar-benar perjuangan tidak ringan bagi Daffa "Thethunder" AB untuk bisa naik podium round 1 BDR Race Against Pandemic di sirkuit Nurburgring, Jerman, Sabtu (26/9/2020) tadi malam.

Meski di Pra-Kualifikasi sehari sebelumnya Daffa berhasil mencetak waktu tercepat ke-2 (tipis di bawah Arwin Taruna) dengan mencetak waktu 1.54, namun di QTT yang dilangsungkan 5 menit menjelang race Group A, Daffa terlempar ke posisi 8.

"Masalahnya di QTT. Saat berusaha mencetak waktu terbaik, saya malah mengalami overshoot di chicane, sehingga menghilangkan pole time yang harusnya bisa 55.098," ucap Daffa AB usai perlombaan.

Dengan start dari posisi 8, sementara beberapa pembalap senior berada di depannya, menjadi perjuangan ekstra bagi siswa kelas 8 sekolah Islam Al-Widan Islamic School International 4 Lebak Bulus, Jakarta Selatan untuk bisa melaju ke depan.

Namun dengan improve pesat yang dialami pegokart junior ini, pelan tapi pasti berhasil mendaki ke depan. 

Blunder saat QTT ditebus Daffa AB dengan raih podium 3 Group A

Pada lap 4, Daffa sudah berada di posisi 6 di belakang Moreno Pratama, Moh Andri Abirezky, Jaka Siswoyo, Attaya Kenzie dan Fadhli Rachmat.

Beberapa lap kemudian, pembalap tim HM Engineering ini berhasil lolos dari momen di tikungan chicane yang melibatkan 5 pembalap untuk menempati posisi ke-4.

Menurut pengamatan mobilinanews, momen yang melibatkan 5 mobil tersebut adalah sebuah "racing accident" biasa termasuk saat Daffa meng-overtake Fadhli Rachmat karena BMW Z4 GT3 kelir kuning Daffa telah dalam posisi sekitar 3/4 di depan. 

Adegan yang melibatkan 5 mobil tersebut bahkan menjadi salah satu momen paling menarik sepanjang 20 menit race group paling bergengsi tersebut.

Tapi, perjuangan Daffa belum berakhir. Pada sebuah kesempatan 1 lap jelang finish, pembalap belia Attaya Kenzie sedikit membuka celah yang langsung dimanfaatkan Daffa untuk melakukan overtake.

Daffa AB akan memakai Steering Wheel Base Fanatec hadiah sang ayah

Jelang finish, Kenzie dan Fadhli Rachmat masih mencoba berusaha untuk mengejar Daffa. Tapi, Daffa yang pada race final tadi malam sempat mencetak best time lap sudah susah dikejar untuk menembus finish line duluan. 

Sebuah pencapaian bersejarah bagi Daffa, karena merupakan podium perdana pada kiprahnya di ajang balap Simulator. 

Tidak mudah untuk bisa mencapainya. Pasalnya, di Group A ini bercokol nama-nama senior dan sangat berpengalaman seperti Arwin Taruna, Jaka Siswoyo, Fadhli Rachmat, Attaya Kenzie, Satrio Hermanto, Rama Danindro hingga Presley Martono. 

Atas kiprahnya yang fenomenal, Daffa AB mendapat julukan The Thunder dan The New Baby Alien dari Ricky Sitompul yang menjadi race commentator di ajang balap virtual disiarkan langsung MAX Stream melalui youtube, fb dan ig @balapdirumah itu.

Guna mendukung performance Daffa di 4 seri berikutnya, sang ayah Irjen Pol (P) Anang Boedihardjo akan memberi hadiah khusus.

"Rencananya, besok akan beli Base Steering Wheel Fanatec untuk simulator Daffa. Semoga balap yang akan datang ada dampak positifnya," ujar Irjen Anang.  

Wuih, congrats Daffa "Thethunder" AB. (bs)   

TERKINI
Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan Penjualan Suzuki Melonjak 14 Persen di Maret 2024, Cermin Meningkatnya Kepuasan Pelanggan Ban Goodyear Kini Hadir di B-Quik, Berik anKenyamanan Lebih Untuk Konsumen