Kereeen, Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara Diresmikan Presiden Jokowi!

Sabtu, 03/10/2020 23:55 WIB

mobilinaews (Manado) - Jalan tol pertama di Sulawesi Utara akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Rabu (30/9/2020) lalu.

Tol Manado-Bitung langsung resmi beroperasi pada hari itu juga. Kepastian tersebut setelah Presiden Jokowi meresmikan ruas Tol Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, masyarakat bisa menggunakan jalan tol ini secara gratis selama dua pekan.

Namun Basuki Hadimuljono mengingatkan agar masyarakat juga tetap memperhatikan keselamatan.

“Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan, ada euforia, ini yang bahaya. Sosialisasi dua minggu ini untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat di jalan tol,” ujar Menteri Basuki.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad mengatakan, adanya jalan tol ini diharapkan bisa mendongkrak perekonomian daerah sekitar.

Mengingat, potensi ekonomi di wilayah tersebut cukup luas dari mulai industri, pariwisata hingga perikanan.

“Dengan diresmikannya pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung dapat memangkas waktu tempuh cukup signifikan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya,” kata Novel.

Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut dilalui dengan jalan nasional sekitar 1,5 jam perjalanan, dengan menggunakan jalan tol tersebut dapat ditempuh hanya 30 menit saja.

“Diharapkan adanya jalan tol ini akan menurunkan biaya logistik serta mendukung pengembangan kawasan industri dan destinasi wisata di Sulawesi Utara. Juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah sekitar,” jelas Novel.

Jalan Tol Manado-Bitung memiilki nilai kontrak sebesar Rp 3,16 triliun untuk pekerjaan seksi II.

Proyek Jalan Tol Manado-Bitung Seksi II ini memiliki lintasan sepanjang 26 kilometer dengan masa pelaksanaan selama 969 hari kalender. (lila)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh