Nilai Brand Hyundai Menjadi Rp 161 Triliun Pada Tahun 2015

Selasa, 06/10/2015 18:30 WIB

motorinanews (Global) – Di era modern ini, dalam definisi yang sederhana brand atau merek yang Anda punyai adalah bagaimana konsumen melihat dan mempersepsikan Anda. Itulah pula mengapa sebuah brand yang baik tidak hanya terjadi seketika, namun didapatkan melalui rancangan strategi dan upaya kerja yang berjalan secara benar.

Itulah mengapa posisi brand kemudian menjadi penting dalam banyak hal bagi pemiliknya, termasuk untuk memenangkan kompetisi dan menjadi motivasi kuat bagi jajaran internal perusahaan untuk bekerja. Untuk di industri otomotif, salah satu contoh terbaik adalah Hyundai. Sejak tahun 2005, merek asal Korea Selatan ini terus menunjukkan grafik perkembangan positif, seiring keberhasilan masuk ke dalam 100 Best Global Brands versi Interbrand.

Sejak saat itu, nilai brand Hyundai terus menanjak dalam daftar 100 Best Global Brand. Di tahun 2015 berdasarkan data yang dirilis oleh pihak Interbrand, Minggu (4/10), nilai brand naik satu posisi dari rangking 40 menjadi ke-39. Dibanding tahun lalu, pada tahun ini brand Hyundai dinilai 8,5 persen atau kira-kira senilai US$ 11,3 miliar (sekitar Rp 161 triliun, nilai kurs Rp 14.250). Dengan kata lain, mengelami kenaikan lebih dari US$ 7 miliar atau sekitar Rp 99,75 triliun selama satu dekade terakhir.

“Nilai brand Hyundai mengalami pertumbuhan tercepat selama 11 tahun terakhir dibanding nilai brand perusahaan manapun yang masuk ke dalam daftar tersebut,” kata juru bicara Hyundai. Dalam satu dekade terakhir, nilai brand Hyundai berhasil loncat naik 45 posisi.

Di kalangan pelaku industri otomotif, posisi rangking brand Hyundai pada tahun ini berhasil mengungguli beberapa brand ternama, seperti Audi (44), Nissan (49), Porsche (56), dan Mini (98).  Sementara secara umum, nilai brand Hyundai mampu mengungguli beberapa nilai brand terkenal lainnya, seperti Hermes (41), Gucci (50), Sony (58), Adidas (62) dan Prada (69).

Sejak memperkenalkan identitas baru “modern premium” pada tahun 2011, Hyundai dinilai berhasil mengoptimalkan upaya untuk menaikkan brand image, serta menyempurnakan kanal komunikasi dan melaksanakan berbagai aktivitas untuk para konsumen agar dapat merasakan pengalaman bersama merek Hyundai.

“Hyundai Motor merupakan salah satu perusahaan otomotif dengan pertumbuhan nilai brand tercepat di dunia saat ini, padahal di sisi lain kondisi ekonomi global dan industri otomotif tengah mengalami perlambatan pertumbuhan,” kata pihak Interbrand.

TERKINI
Mau Perbaiki Eksterior Mobil yang Rusak Setelah Mudik? Simak Tawaran Diskon Menarik Suzuki selama Mei 2024 Pebalap Astra Honda Arbi Aditama Siap Taklukan Tantangan Kelas Dunia di GP Catalunya Honda dan Komitmennya Elektrifikasi 100 Persen di Tahun 2040 Mengenang Ayrton Senna, Ducati Luncurkan Edisi Spesial Monster Yang Hanya Diproduksi 341 Unit