Fomula 1 Dijual, Tiga Investor Berminat

Rabu, 07/10/2015 08:13 WIB

mobilinanews (Global) – Balap F1 segera memiliki bos baru menggantikan Berbie Ecclestone. Dan dipastikan sebelum tahun ini berakhir, pemilik baru balap jet darat itu sudah ada.
 
“Tahun ini. Seluruh pemegang saham kami ada dalam posisi di mana perlahan sedang kehilangan sedikit atau bahkan seluruh saham mereka,” ujar Ecclestone seperti dikutip Autosport.

Salah satu alasan “penguasa F1” itu menjual saham karena kondisi keuangan dunia yang sedang goyah dan tuntutan menggelar balap F1 lebih menarik lagi. Sehingga dibutuhkan dana yang besar.

Menurut Ecclestone, ada beberapa investor tertarik untuk membeli saham F1. “Saya bisa katakan untuk saat ini ada tiga peminat. Saya akan terkejut jika salah satu dari mereka tak segera menuntaskan pembelian F1,"  ungkap Ecclestone.

Beberapa investor itu adalah gabungan konsorsium AS-Qatar yang dijalankan oleh RSE Ventures. Yakni perusahaan milik Stephen Ross yang juga memiliki tim NFL, Miami Dolphins.

Selain itu John Malone, jutawan asal AS yang memiliki Liberty Global dan Discovery Communication, juga berniat memberi saham mayoritas F1.

Saat ini, saham F1 dimiliki beberapa orang di mana Ecclestone hanya memegang 5,3 persen. Saham terbesar ada di tangan CVC Capital Partners dengan 35,5 persen saham dan keluarga Ecclestone dengan 8,5 persen. Lalu pemegang saham lain Lehman Brothers dengan 15 persen.

Meski sahamnya kecil, namun Ecclestone punya kuasa besar mengingat dialah figur yang membangun dan membesarkan F1 sejak 1978 dengan jabatan commercial chief.

Ayo Pak Eric Thohir kalau berminat ikut membeli saham F1, biar lebih mudah Rio Haryanto bisa ke F1.

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh