Perjalanan Lebih Menyenangkan Karena TV Digital

Rabu, 07/10/2015 16:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sudah jadi rahasia umum bahwa kualitas gambar TV mobil hanya bisa dinikmati pada saat mobil dalam keadaan diam. Penambahan antenna luar, bosster dan alat lain dianggap tidak mempunyai efek yang signifikan untuk meningkatkan kualitas penerimaan gambar.

Ini disebabkan karena sistem yang terpasang masih menggunakan penerimaan analog, dimana pada sistem analog, kualitas gambar hanya bisa maksimal jika alat penerima seperti antenna dan perlatan pendukung lain diam dengan koordinat yang tetap. Tentu saja hal ini menjadi sangat mustahil diaplikasi pada mobil yang notabene adalah alat transportasi bergerak.

Alat penerima TV digital adalah solusinya. Alat ini mampu menerima semua program tv dari stasiun tv lokal dengan syarat bahwa stasiun pemancar sudah melakukan digitalisasi. Kini hampir semua stasiun TV sudah menyediakan jalur digital bahkan dengan kualitas HD. Se but saja Net TV, RCTI, TVRI, Metro TV dll merupakan beberapa TV yang sudah digital.

Teknologi TV digital dalam mobil kita berbasis DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terestrial) dan DVB-T2 (second generation). Kedua teknologi ini menjamin penerimaan suara dan gambar berkualitas digital full HD 1080 tanpa ada gangguan seperti gambar goyang, bersemut bahkan hilang. Dengan jalur Digital, siaran TV dalam mobil dijamin bisa bersuara sangat baik dan bergambar sangat jernih.

Untuk bisa menerima siaran TV digital dalam mobil, kita hanya membutuhkan sebuah alat penerima TV digital berbasis DVB-T atau DVB-T2. Bahkan ada merk yang mampu menerima siaran TV digital di mobil hingga kecepatan 140 km/jam seperti Asuka HR-601 misalnya. “Teknologi analog sudah ditinggalkan dan sebagai gantinya adalah teknolgi digital TV yang memberikan gambar yang lebih baik, suara yang lebih jernih, sensitifitas yang jauh lebih tinggi dan juga value added yang lebih banyak,” terang Jaka dari Asuka Indonesia.

Jangkauan TV digital terus berkembang tentunya. Dimulai tahun 2012 dimana hanya pulau jawa dan kepri saja, hingga 2015 ini digital TV bisa dinikmati di pualu Sumatera, Kalimantan dan sebagian Sulawesi. Dan targetnya pada tahun 2018 seluruh nusantara akan menerima siaran digital TV.

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen