Jika Mau Maksimal, Tempatkan Antena Jauh Dari Metal

Rabu, 07/10/2015 17:17 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Seperti kita tahu, penerima digital TV dalam mobil merupakan teknologi yang relative baru untuk asesoris mobil. Banyak hal dan trik yang masih dianggap baru karena biasanya orang tahu dari mulut ke mulut. “Kita ingin share knowledge tentang instalasi digital tuner. Bagaimana instalasi yang baik, poisis antenna dan lain-lain,” terang Erik dari Asuka Indonesia.

Yang basic adalah, mobil harus mempunyai jalur AV input atau HDMI. Jalur ini sangat vital karena sebagai jalur masuknya signal suara dan gambar dari digital tuner. “Ada beberapa mobil yang head unit standarnya tidak ada AV input, seperti Toyota Innova baru,” terang Agus mekanik Asuka Indonesia.

Selanjutnya adalah penempatan antenna yang juga merupakan kunci sukses intalasi yang baik agar gambar dan suara bisa direproduksi secara sempurna. Biasanya banyak dari kita menganggap bahwa penempatan antenna digital bisa kita taruh di tempat tinggi dengan arah bebas. Namun ternyata untuk digital tidak seperti itu. “Prinsipnya harus jauh dari metal. Pabrikan Asuka menyarankan agar antenna diposisikan di balik bemper depan dan belakang dengan catatan harus terbuat dari  plastik,” tambah Agus lagi.

Setelah itu, jangan lupa agar antenna dalam posisi horizontal. Ini disebabkan rambatan frekuensi signal digital itu akan lebih maksimal diterima ketika posisi antenna horizontal. Setelah itu, cek kekuatan signal dan jika sudah sempurna tinggal melakukan scan maka secara otomatis kanal akan tersimpan melalui memori yang tersedia.

Gampang kan…

TERKINI
Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna;: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern