Tanggapan Honda Terkait Pembatalan Rencana Pemberlakuan Pajak 0% Untuk Mobil Baru

Senin, 19/10/2020 21:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya menolak usulan kalangan industri otomotif dan Kemenperin untuk memberlakukan pajak 0% untuk penjualan kendaraan baru.

Tujuan penghapusan pajak tersebut untuk menstimulir industri otomotif yang terdampak pandemi Covid-19, akibatkan penjualan mobil baru merosot drastis.

Dikarenakan daya beli masyarakat juga menurun akibat dampak ekonomi ditimbulkan pandemi yang berlangsung sejak awal Maret 2020.

Salah satu alasan Menkeu Sri Mulyani adalah telah banyak memberikan insentif untuk industri otomotif, namun akan melakukan review kembali jika stimulus tambahan diperlukan dan tidak mengganggu sektor penerimaan pajak untuk negara.

"Kan sudah ada keterangan resmi jika pajak 0% tidak jadi diberlakukan. Dengan kepastian itu kami berharap masyarakat dan konsumen yang sempat menunda untuk pembelian mobil, bisa melakukan pembelian sekarang," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) pada preskon virtual dengan media Senin (19/10/2020) siang.

Selain itu, lanjut Billy, beberapa faktor masyarakat menunda membeli mobil adalah pemberlakuan PSBB ketat dan adanya demo/unjuk rasa selama September dan Oktober tahun ini.

Tingkat pemulihan penjualan mobil di Indonesia menurut Billy masih di bawah 50%.

Sedangkan di beberapa negara tetangga seperti Thailand mencapai 80%, Malaysia mendekati 100% dan Jepang dengan 70%.

"Kita semua berharap pandemi segera berakhir, dan bisa menjalankan kehidupan kembali normal serta perekonomian kembali pulih," harap Billy. (bs) 

 

 

TERKINI
Paguyuban Motor 4,5 Persen SiPalingPaham Turut Meriahkan The Distinguished Gentleman Ride 2024 di Jakarta: Kita Semua Sama Grup Motor Super Ugal Sunmori dan Kunjungi Warung Solo di Kemang: Parkirannya Luas Banget Bamsoet Hadiri HUT ke-6 Motor Besar Indonesia dan Resmikan Basko Auto Gallery di Jakarta Komunitas Toyota Hardtop Padang Gelar Aksi Sosial di Sungai Pinang, Pesisir Selatan, Membangun Sebuah Mushalla