F1 2020: Satu Lagi Pembalap F1 Positif Covid-19

Rabu, 21/10/2020 19:56 WIB

mobilinanews (Inggris) - Lagi sebuah fakta bahwa virus Covid-19 bisa menyerang siapa saja, tak peduli putra seorang konglomerat kelas dunia. Tak peduli ia rutin berolahraga dan kontrol kesehatan.

Hari ini, Rabu (21/10), pembalap Racing Point Lance Stroll beri pengakuan kalau dirinya positif terkena virus mematikan itu. Putra konglomerat Kanada Lawrence Stroll yang juga team owner Racing Point itu pun menjelaskan kenapa ia mendadak digantikan Nico Hulkenberg pada GP Eifel pekan lalu di Jerman.

Sabtu pagi jelang FP3, katanya, ia merasa tak enak badan dengan gejala seperti flu dan juga sakit perut. Ia memutuskan tak ikut latihan. Tim hanya menyebutnya tak enak badan dan posisinya digantikan Nico Hulkenberg. Kondisi Stroll sendiri belum dinyatakan positif Covid.

"Seharian saya di motorhome, mengikuti protokol FIA. Minggu subuh memutuskan pulang ke rumah. Minggu malam kembali lakukan tes kesehatan. Esok harinya hasil keluar dan positif," kisah Stroll yang dalam pemeriksaan rutin FIA di sirkuit selalu dinyatakan negatif.

Untungnya, lanjut Stroll,  serangan virus itu masih terbilang ringan. Ia tak perlu dirawat khusus. Ia cukup mengisolasi diri sendiri selama 10 hari dengan mengikuti aturan yang sangat ketat.

"Dua hari lalu kembali dites dan hasilnya negatif. Saya sendiri merasa sudah pulih 100% dan siap lomba di GP Portugal akhir pekan ini."

Ini kali kedua driver F1 positif kena Coronavirus. Ironisnya, yang terdahulu adalah Sergio Perez yang merupakan teammate Stroll di Racing Point. Perez pun harus absen pada dua putaran lomba di Silverstone, Inggris. Penggantinya saat itu juga Hulkenberg.

Kasus Stroll ini lantas menimbulkan tanda tanya soal tes rutin yang dilakukan FIA setiap jelang balapan. Sebab, sebelumnya pihak medis FIA menyatakan Stroll aman sehingga diperkenankan ikut pada sesi latihan FP1 dan 2 pada Jumat. (rnp)

 

 

TERKINI
Motor Listrik Keeway KL1500GS Dijual Cuma Rp 16.5 Juta, Inilah Spesifikasi Lengkapnya! Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan