Kehujanan Saat Riding? Begini Tips Perawatan Helm yang Benar

Senin, 26/10/2020 17:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Cuaca yang saat ini sering turun hujan, akan menjadi kawan baru bagi pengendara motor. Terutama bagi mereka yang kesehariannya selalu berada di atas roda dua.

Untuk menjaga kebersihan helm di saat musim hujan, berikut ada tips ringan untuk melakukan perawatannya.

Saat berkendara dalam hujan, otomatis helm yang digunakan akan basah. Hal ini yang menyebabkan busa dalam helm atau inner padding menjadi kusam dan menimbulkan bau tidak sedap.

Untuk melakukan perawatannya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara sendiri. Namun, ada juga hal yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan helm setelah kehujanan.

Dalam bincangnya kepada mobilinanews, Richard Ryan, Manager Director RSV Helmet, menyampaikan yang paling penting adalah untuk menggunakan helm yang bisa dilepas bagian inner paddingnya. Menurutnya, ini akan memudahkan dalam melakukan perawatannya.

"Jadi yang pertama adalah harus memilih helm yang bisa dilepaskan inner paddingnya. Jadi busa helm yang berada di pipi bisa dilepaskan, dan ini memudahkan dalam melakukan perawatan," buka Richard.

Setelah itu, Richard, juga menyarankan untuk segera melepas visor pada helm. Tujuannya adalah untuk memberikan sirkulasi agar bau yang tidak sedap akibat ditimbulkan adanya lembab, bisa diminimalisir.

"Setelah sampai tujuan, langsung lepaskan semua inner paddingnya. Juga visor harus dilepas dari helm. Supaya ada sirkulasi untuk mengeluarkan hawa serta bau yang tidak sedap," tambah Richard.

Namun, Richard kembali menambahkan bahwa dalam melakukan pembersihan helm, jangan sampai busa inner padding disikat. Cukup dibersihkan dengan foam pembersih, dan menggunakan kanebo untuk membersihkannya.

"Disikat boleh saja, tapi nanti akan ada dampaknya. Busa tersebut akan menipis dan tentu akan mempengaruhi fitting dari helm itu sendiri. Melakukan bersihnya cukup menggunakan foam saja, dan nanti dibersihkan menggunakan kanebo," tandas Richard. (hf)

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak