Aman Berkendara Saat Musim Hujan Tiba

Jum'at, 09/10/2015 18:37 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Belakangan ini, sebagian besar wilayah Jakarta kerap terguyur hujan. Meskipun belum merata, mengacu pada prediksi BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika), awal bulan Oktober merupakan awal dari musim penghujan yang akan mencapai puncaknya di bulan Desember.

Mensikapi musim hujan, salah satu yang mesti dipersiapkan adalah piranti penunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Perlu dilakukan antisipasi lebih dini agar perjalanan anda lebih aman, meski berkendara di tengah derasnya hujan.

Periksalah kondisi karet wiper mobil apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah perlu diganti dengan yang baru. Selain itu ceklah selang penyemprot air wiper, pastikan tidak ada sumbatan pada selang dan dapat menyemprotkan air wiper dengan optimal. Untuk air wiper bisa juga ditambahkan cairan khusus yang mengandung sabun pada tangki wiper. Banyak produk after market yang bisa digunakan atau cukup dengan mencampurkan shampo ke dalam tangki.

Lampu mobil adalah salah satu item yang mesti dicek. Pastikan kedua lampu menyala, dan jika anda menggunakan lampu dengan warna putih (6000 kelvin keatas) baiknya mengganti lampu utama dengan pilihan kelvin dibawah 5000.

 "Pilihan kelvin 6000 keatas dengan pedaran warna putih atau kebiruan sangat beresiko. Warna putih tidak dapat menembus hujan secara optimal. Jika tidak mengganti lampu dengan Kelvin yang lebih rendah, bisa dengan cara mengkombinasikan foglamp yang berwarna kekuningan atau 4000 kelvin ke bawah,” ujar Andre Chrispian, General Manager Autovision kepada mobilinanews.

 

TERKINI
Jepang dan ASEAN Siapkan Strategi Bersama Hadapi Dominasi Tiongkok di Pasar Kendaraan Listrik, Ini Langkah yang Dilakukan Biar Tidak Kena Razia Polisi, Simak Helm Berstandar SNI yang Aman Dipakai Berkendara Pakai Mobil Ayrton Senna Sembari Kibarkan 2 Bendera di Imola, Ini Cerita Sedih Yang Bikin Sebastian Vettel Menangis Pelantikan Pengurus IOF Yogyakarta Meriah dan Bergaya Keraton