Analisa Rio Sarwono : Empat Hal Membuat Lorenzo Diunggulkan Di MotoGP Jepang

Minggu, 11/10/2015 09:26 WIB

mobilinanews (Jepang) – Tak pelak, MotoGP Jepang yang race day-nya dilangsungkan di sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (11/10) siang ini waktu Indonesia Barat akan diwarnai duel sesama Yamaha : Jorge Lorenzo versus Valentino Rossi.

Hasil kualifikasi yang menempatkan duo pebalap garpu tala ini menjadi warna tersendiri. Pasalnya, setelah lomba ini hanya tinggal 3 lomba lagi yaitu seri Australia, Malaysia dan Valencia, Spanyol.

Dengan perbedaan total poin hanya 14 maka Lorenzo harus memenangkan minimal 3 lomba termasuk seri Jepang ini kalau mau menempatkan dirinya sebagai pemegang juara dunia 3 kali. Sedangkan Rossi cukup memenangkan 2 lomba saja.

Tampaknya, dari kacamata saya, tahun in kans Lorenzo lebih besar. Pasalnya,  ada 4 hal yang menguntungkan pebalap 28 tahun asal Spanyol itu.

Pertama,  juara di Motegi tahun lalu adalah Lorenzo. Jadi peluang hari ini lebih besar buat dia karena secara moral atas kemenangannya tahun lalu.

Kedua, secara kebetulan duo Honda yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa adalah berkebangsaan Spanyol. Yang secara nasionalisme pasti akan lebih mendukung Lorenzo yang juga berwarga negara Spanyol.

Ketiga, seri terakhir akan dilangsungkan di Valencia, Spanyol, tentu saja dukungan suporter akan memberikan tekanan untuk Rossi. Sebaliknya buat Lorenzo akan menjadi spirit.

Keempat, jika total poin sama, maka Lorenzo-lah yang akan keluar sebagai juara karena  mengoleksi juara pertama lebih banyak daripada Rossi. Oleh karena itu, hasil lomba siang ini bisa menjadi patokan siapakah yang akan keluar sebagai Juara.

Yang nggak boleh diabaikan, jika berlangsung hujan pada siang ini akan membuat lomba lebih menegangkan karena strategi ganti ban juga akan menentukan hasil lomba.

Yang unggul hari ini bisa dapat dikatakan 90% akan menjadi juara dunia tahun ini....Silahkan simak race day MotoGP Jepang siang ini dari layar kaca di rumah Anda.

TERKINI
April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia! Tips Membeli Mobil dengan Sistem Kredit, Pertimbangkan Aspek-Aspek Ini Harga Toyota Calya Bekas Kini di Bawah Rp100 Juta, Rekomendasi Mobil Murah dan Muat Banyak Apakah Air Radiator Berperan Penting pada Mobil? Simak Penjelasan Ini Agar Bradsis Tidak Rungkad