Fabio Quartararo: "Jika Saya Kecelakaan, Itu Untuk Kebaikan"

Sabtu, 07/11/2020 23:56 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Mau lintasan basah atau kering, tak ada pilihan taktik lain buat Fabio Quartararo selain gaspol sepol-polnya pada GP Eropa, Minggu (8/11/2020) di Valencia, Spanyol. Semua resiko ia siap tanggung, termasuk klontang ke gravel.

"Jika saya tak berani ambil resiko besar maka peluang meraih gelar akan habis. Tujuan saya adalah gelar 2020," tegasnya.

Tertinggal 14 poin atas Joan Mir (Suzuki), memang menyulitkan Quartararo mengarungi GP Eropa sebanyak 27 laps ini.

Ia start dari urutan 11, sementara Mir dari urutan 5. Keuntungan Mir lainnya adalah rekan satu timnya di Suzuki, Alex Rins, start dari urutan 2.

Bisa dimaklumi kalau dalam kondisi tertentu kedua rider biru muda itu akan saling membantu meraih keberhasilan bersama.

Mengejar dari urutan 11 ke barisan depan, itulah yang mau tak mau harus diperjuangkan Quartararo dengan semua cara yang bisa dilakukan. Termasuk dengan resiko jatuh bergelimpangan pun.

"Saya siap jatuh. Jika itu terjadi, maka itu terjadi dengan tujuan kebaikan. Balapan kali ini saya benar-benar nothing to lose. Dari urutan 11 harus agresif," ujar Quartararo.

Jika balapan basah (wet race), Quartararo yang sadar lemah dalam kondisi ini pun sudah ambil ancang-ancang nekat. Tetap agresif dengan cara mengubah riding style-nya meski sangat beresiko.

Mengubah gaya pengereman, gaya rebah di dalam tikungan, dan apa pun cara yang tersedia agar tak terlalu jauh dari Mir di saat finish.

Pol Quartararo boleh jadi pole sitter, tapi pertarungan Valencia edisi 1 ini adalah pertaruhan Quartararo dan Mir. Di tengah mereka ada Rins yang bisa jadi penentu.

Tergantung apakah ia masih punya ambisi ikut meraih gelar atau sudah ditugaskan tim untuk mengatrol dan membantu Mir.

Jika Quartararo siap menanggung resiko besar, sebaliknya buat Mir. Main aman semata untuk pertahankan posisi atas klasemen. Hasrat menang tentu ada, tapi hanya akan diambil jika tak ada resiko sama sekali.

Ya, Valencia 1 akan jadi momen menegangkan Mir vs Quartararo di mana pun posisi mereka dalam 27 laps permainan ini. (rnp)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh