MotoGP 2020 Eropa: Super Suzuki 1-2, Selangkah Lagi Raih Trofi!

Minggu, 08/11/2020 20:58 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Baru 3 laps, duet Suzuki Alex Rins dan Joan Mir, sudah berada di baris depan race GP Eropa, Valencia, Spanyol, Minggu (8/11/2020). Hasil akhirnya, status istimewa disandang rider Suzuki.

Performa GSX-RR memang sedang paten. Tapi, strategi tim Suzuki juga sangat cerdas. Kedua jokinya dibekali ban medium dan medium sehingga relatif mudah buat menyalip pole sitter  Pol Espargaro (KTM) yang jalan dengan kombinasi ban keras dan medium.

Maka yang hanya perlu dilakukan Rins dan Mir di depan hanyalah fokus jaga posisi. Terlebih karena tiga joki Yamaha sebagai pesaing di klasemen sudah tertinggal jauh di belakang seperti Maverick Vinales yang kena penalti start dan Fabio Quartararo yang sudah terlibat crash di lap awal.

Pertanyaan penting sejak lap 3 itu adalah: apakah Mir akan didorong ke depan untuk meraih kemenangan perdana sekaligus mantapkan posisi sebagai calon juara dunia? Atau Rins dibiarkan ngotot menang karena peluang meraih gelar juga terbuka meski tak sedahsyat Mir?

Rupanya skenario pertama yang dimainkan. Dan, sewajarnya memang demikian. Penantian gelar Suzuki sudah sangat lama.

Hasil yang serba istimewa. Ini kemenangan Mir perdana di kelas primer. Ini. Ini sukses finish Suzuki 1-2 sejak 1982, dan ini kali kesembilan MotoGP 2020 menghadirkan juara berbeda. Sama dengan rekor 2016.

Kini Mir makin gagah di kalsemen pembalap dengan total poin 162. Unggul telak 37 poin dari Quartararo dengan sisa hanya 2 race dengan poin maksimum 50. Artinya, sejengkal lagi dan bisa jadi pekan depan di trek sama Mir akan mengunci gelar dunia 2020. Ia hanya butuh finish di depan Quartararo minggu depan atau finish 4 Besar. Kalaupun kalah tak apa asal tidak dalam jarak 11 poin atau lebih. 

Tak hanya kejuaraan dunia pembalap. Trofi konstruktor dan tim pun bisa diborong Suzuki pada tahun ini. Di kejuaraan konstruktor Suzuki unggul 7 angka dari Ducati. Di kejuaraan tim, mereka punya poin 242 sedangkan Yamaha dan Ducati punya 198 dan 180.

Sukses berlipat-lipat di Valencia, di negeri sendiri. Tapi, Mir biasa saja tuh, tak lakukan selebrasi aneh-aneh.

"Senang, tentu saja sangat senang dengan hasil ini. Saya hanya ingin berterima kasih pada tim yang telah menyediakan motor yang tangguh," katanya.

Di atas kertas memang masih ada 6 pembalap berebut gelar 2020. Tapi, di bawah kertas, hanya kesialan luar biasa yang bisa menghalangi Mir mengangkat trofi.(rnp)

KLASEMEN PEMBALAP:

1. Joan Mir, 162

2. Fabio Quartararo, 125

3. Alex Rins, 125

4. Maverick Vinales, 121

5. Andrea Dovizioso, 117

6. Franco Morbidell, 117

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag