Renovasi Sirkuit Sentul : Mundur Selangkah Untuk Menjadi Lebih Maju

Senin, 12/10/2015 20:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Wacana renovasi Sirkuit Sentul Internasional untuk persiapan menjadi tuan rumah MotoGP 2017, mendapatkan respon positif dari Agen Pemegang Merek (APM) dan promotor balap.

Meskipun respon positif mengemuka, namun beberapa catatan turut disampaikan guna mengantisipasi event balap regular yang setiap tahun selalu menggunakan yang berlokasi di sisi jalan tol Jagorawi, Bogor itu.

“Untuk menjadi lebih maju, kadang dibutuhkan mundur satu langkah. Renovasi sirkuit Sentul adalah bagian dari usaha untuk lebih memajukan dunia balap di Indonesia,” ujar Giri Triatmojo, Strategy & Planing Dept. Head R2 PT Suzuki Indomobil Sales kepada mobilinanews.

Hal senada diutarakan M. Abidin, General Magager & Motor Sport PT Yamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM). Abidin berharap ada step-step renovasi yang pelaksanaan pembongkaran trek menjadi tahap renovasi terakhir.

“Demi terus berlanjutnya event-event balap yang regular, masukan saya jika mungkin renovasi trek merupakan tindakan perbaikan terakhir. Renovasi bisa dilakukan bertahap dengan memperbaiki infrastuktur sirkuit lainnya, seperti paddock , hospitality dan grandstand,” ujar Abidin.

Jadi lanjut pria penggila balap ini, Yamaha tetap bisa melaksanakan balap di Sentul pada 2016. “Yah mentok-mentoknya jika paddock dibongkar kan bisa gunakan tenda untuk sementara waktu,” ungkapnya bersemangat.

Ditekankan pria yang rajin memberikan preview terkait MotoGP di mobilinanews, langkah renovasi adalah hal yang baik dan tetap tidak menyurutkan semangat YIMM menyelenggarakan balap.

Plan B telah dipersiapkan jika renovasi ternyata akan mengganggu jadwal balap. Yamaha telah “melirik” beberapa sirkuit balap lain di luar Sentul.

Di mata promotor balap touring pun demikian. Sejauh untuk kebaikan bersama, tidak masalah jika dilakukan perbaikan sejauh koordinasi jangka panjang tetap dilakukan pengelola sirkuit Sentul.

“Tidak ada masalah jika dilakukan perbaikan sirkuit. Toh untuk kebaikan bersama kan. Yang penting kami selalu mendapatkan update perihal kapan tepatnya renovasi dilakukan sehingga kita tetap dapat melaksanakan balap tanpa terganggu jadwal renovasi,” papar sang promotor.

Maka itu, sang promotor balap mobil ini optimis, balap turing tetap bisa diselenggarakan tahun depan. Meskipun waktu pelaksanaan belum bisa ditetapkan sekarang.

Peta Sirkuit Sentul

 

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih