MotoGP 2020: Final Race Untuk Pabrikan, Ini Harapan Valentino Rossi

Rabu, 18/11/2020 20:33 WIB

mobilinanews (Italia) - Akhir pekan ini Valentino Rossi lakoni balap terakhirnya bersama tim pabrikan Yamaha. Akan seperti apa perpisahannya?

"Tentu saja kami semua berharap Valentino menutupnya dengan hasil optimal. Kami tak hanya akan kehilangan dirinya, tapi juga sejumlah staf yang hebat," kata bos Yamaha Massimo Meregalli.

Musim depan The Doctor degradasi ke tim satelit Petronas Yamaha meski dengan status tetap pembalap pabrikan. 

Sepanjang musim ini Rossi tampil buruk di atas M1. Hanya sekali raih podium (ketiga) di GP Andalusia. Selebihnya penuh derita.

Tercatat 5 kali retire di tengah balapan dan 2 kali gagal balapan karena diserang Covid-19. Maka, wajar jika ia pun ingin menutup musim ini dengan hasil yang bisa jadi kenangan manis.

Bagusnya, Rossi menyongsong GP Portugal akhir pekan ini dengan nada optimistis. Sirkuit Portimao yang digunakan menurutnya sangat menantang.

Bukan saja karena kontur lintasannya, tapi terlebih karena trek ini belum pernah digunakan untuk MotoGP. Semua pembalap datang dengan data yang minim dan serba meraba-raba sejak sesi awal.

"Sangat menarik. Karakter treknya sangat teknis. Grip ban di sana jauh lebih bagus dari Valencia, itu akan sangat membantu saya," ujar Rossi yang selama ini sering keluhkan daya cengkeram ban M1-nya.

Ia sendiri sudah jajal trek Portimao dengan Yamaha YZF-R1 pada bulan lalu. Tentu saja ia sudah membuat catatan tersendiri untuk persiapan race pekan ini.

"Balapan ini akan sangat menyenangkan. Kita lihat hasilnya," imbuh Il Dottore yang tidak menetapkan target khusus dalam partai terakhirnya bersama tim Monster Energy Yamaha MotoGP. (rnp)

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024