Bos Honda Tutupi Kondisi Sesungguhnya Marc Marquez, Harus Cangkok Tulang?

Kamis, 26/11/2020 22:56 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Cidera berkepanjangan patah tulang tangan Marc Marquez benar-benar menyimpan misteri tersendiri.

Cidera itu hal biasa di balap motor, tapi mengapa tak kunjung sembuh, bahkan sudah dua kali naik meja operasi. Bulan depan, kabarnya, Marquez harus jalani operasi ketiga.

Sudah berbulan-bulan tak sembuh dan sempat operasi ulang karena plat titanium di dalam tangannya patah.

Itu menandakan pemulihan cidera tangan Marc Marquez memang tak seperti apa yang diumumkan. Juga tak seperti apa yang ditampilkan Marquez sendiri lewat media sosialnya.

Perkembangan bulan lalu dikabarkan Marquez tak lagi menjadi pasien dr. Xavier Mir yang sudah banyak mengoperasi anak MotoGP dan juga langganan Marquez.

Konon ia berkonsultasi dengan dokter spesialis lain yang menganjurkan operasi ketiga (cangkok tulang) karena efek operasi kedua yang menghambat pertumbuhan tulang tangannya.

Laporan terkini datang dari media Spanyol, El Pais Deportes, yang menyebut Marquez harus putuskan apakah ambil opsi cangkok tulang pada 1 Desember mendatang.

Jika ia ambil pilihan itu maka perlu waktu perawatan dan rehabilitasi selama enam bulan yang artinya akan absen di beberapa seri awal kompetisi 2021.

Terkait hal ini, spekulasi lain pun beredar kalau Andrea Dovizioso akan jadi pengganti sementara meski secara resmi bilang ingin istirahat sepanjang musim 2021.

Di sisi lain Team Principal Repsol Honda, Alberto Puig terkesan menutupi kondisi Marquez sesungguhnya. 

"Saya tidak bisa memberitahu apa yang tidak saya ketahui. Pertama-tama karena saya bukan dokter. Yang kedua karena saya tidak punya bola kristal (untuk melihat apa yang tak terlihat langsung)," kata Puig, enteng saja.

Tapi, mantan pembalap GP500 itu mengakui pemulihan pembalapnya lebih lambat dari yang diharapkan meski pihak tim sudah melakukan segala upaya. 

"Semua program kami putuskan bersama dokter. Tidak semua situasi berjalan seperti Anda harapkan. Tidak semua cidera lekas pulih seperti yang Anda inginkan. Jadi, kami hanya bisa berharap kalau minggu-minggu atau bulan-bulan mendatang pembalap kami sudah fit dan kembali ke trek. Sayangnya, saya tak bisa menjawab kapan, hanya berharap," sebut Puig.

Dari kalimat Puig yang sebut berbulan-bulan maka sesungguhnya apa yang diklaim media seputar operasi cangkok tulang itu bisa benar adanya.

Tinggal tunggu 1 Desember nanti jalan apa yang ditempuh Marquez. (rnp)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh