Sepeda Motor Bisa Jadi Jembatan ke Era Kendaraan Listrik di Indonesia? Ini Jawabannya!

Sabtu, 28/11/2020 04:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mengikuti tren menggunakan kendaraan ramah lingkungan yang diberlakukan secara global, Indonesia pun nggak mau ketinggalan.Terbukti dengan sudah banyaknya regulasi dan target yang dibuat oleh pemerintah.

Nggak hanya mobil listrik yang mendominasi, namun para pengusaha sepeda motor juga mulai unjuk gigi dengan mengeluarkan beberapa produk sepeda motor listrik.

Seperti Honda yang telah merilis PCX Electric, skuter listrik e-Vino keluaran Yamaha, dan juga Gesits yang merupakan karya anak bangsa. Meskipun produk-produk sepeda motor tersebut belum dijual ke khalayak umum.

Menurut Riyanto sebagai Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat UI (LPEM UI), sepeda motor bisa menjadi gerbang dimulainya era kendaraan listrik.

"Karena pengisian daya listrik, sepeda motor lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Atau bisa juga menggunakan sistem swab baterai," jelas Riyanto.

Alasan lainnya, karena harga sepeda motor lebih terjangkau sehingga semakin banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan sepeda motor untuk kebutuhan sehari-hari.

Harga motor listrik pun diprediksi tidak jauh berbeda dengan harga motor berbahan bakar minyak. Riyanto menambahkan, motor listrik dibanderol kisaran Rp 18-30 jutaan.

Meski begitu, yang masih jadi pertimbangan adalah harga baterai yang terbilang cukup mahal. Berkisar Rp 14-20 jutaan bagi pabrikan besar.

Namun, penyewaan baterai bisa jadi solusi untuk menekan tingginya harga baterai.

""Kalau kendaraan listrik itu memang biaya tertinggi ada pada baterai yang digunakan. Jadi kalau ada status penyewaan baterai, jadi bisa dengan sistem swab, saya rasa akan lebih mudah," pungkas Riyanto. (hilary)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok